FPI dan PA 212 Gelar Aksi 411 Besok, Geruduk Istana

Titik kumpul aksi di Masjid Istiqlal

Jakarta, IDN Times - Sejumlah aliansi termasuk Front Persaudaraan Islam (FPI) dan Persaudaraan Alumni (PA) 212 bakal menggelar demo bertajuk Aksi Bela Rakyat (AKBAR) 411.

Aksi ini rencananya juga akan diikuti oleh GNPF Ulama, Bang Japar, Brigade Jawara 411, dan sejumlah ormas lainnya. Aliansi sejumlah ormas itu dinamakan Gerakan Nasional Pembela Rakyat (GNPR).

Baca Juga: FPI Bantah Terlibat Aksi FPI Reborn Dukung Anies Jadi Capres 2024

1. Aksi bakal digelar di Patung Kuda

FPI dan PA 212 Gelar Aksi 411 Besok, Geruduk IstanaDemo PA 212 di Patung Kuda, Jakarta Pusat (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Koordinator aksi GNPR, Buya Husein mengatakan, AKBAR 411 bakal digelar di Patung Kuda, Jakarta Pusat, Jumat (4/11/2022).

Husein menuturkan, aksi tersebut sekaligus jadi ajang Reuni Akbar 411.

"InsyaaAllah benar besok akan aksi lagi, dalam aksi bertajuk Aksi Bela Rakyat (AKBAR) sekaligus Reuni AKBAR 411," ucap dia dalam keterangan tertulis kepada IDN Times, Kamis (3/11/2022).

Baca Juga: FPI hingga PA 212 Demo Tolak BBM, GNPR: Rezim Jokowi Terkesan Nantang

2. Sebelum aksi, massa GNPR kumpul di Masjid Istiqlal

FPI dan PA 212 Gelar Aksi 411 Besok, Geruduk IstanaEks Penasihat KPK, Abdullah Hehamahua ikut dalam aksi demo Gerakan Nasional Pembela Rakyat (GNPR) pada Senin (23/9/2022). (IDN Times/Yosafat Diva Bayu)

Sementara itu, Ketua FPI Muhammad Husein Alatas menjelaskan, sebelum menggelar aksi massa berkumpul di Masjid Istiqlal untuk salat Jumat bersama.

"Aksi akan dilaksanakan di sekitar patung kuda Arjuna Wiwaha (titik aksi) atau yang selama ini dikenal dengan Patung Kuda Monas. Sebelum ke istana, massa akan salat Jumat di Masjid Istiqlal (titik kumpul)," kata dia.

Baca Juga: Gelar Demo 4 November, Puluhan Ribu Buruh Akan Geruduk Kemnaker

3. Banyak masyarakat yang akan bergabung

FPI dan PA 212 Gelar Aksi 411 Besok, Geruduk IstanaGerakan Nasional Pembela Rakyat (GNPR) menggelar demo tolak kenaikan harga BBM di Patung Kuda, Jakarta Pusat, Jumat (23/9/2022). (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Sementara itu, Panglima Aksi GNPR 411 Slamet Ma'arif menjelaskan, massa tergabung dari berbagai titik. Di mana sejumlah massa akan mulai berkumpul sejak malam hari. 

Kemudian setelah salat Jumat bersama melakukan longmarch ke titik aksi.

“InsyaAllah akan kita maksimalkan massa dari segala kekuatan seperti kita pernah kumpul di tahun 2016. Kita akan coba galang kembali,” imbuh dia.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya