Gibran Didorong Maju Jadi Gubernur, Puan: Fokus Dulu Jabatan Sekarang

PDIP fokus lebih dulu ke pilpres

Jakarta, IDN Times - Ketua DPP PDIP Puan Maharani menanggapi usulan agar Gibran Rakabuming Raka maju menjadi sebagai calon gubernur dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 mendatang.

Sebagaimana diketahui, usulan itu diungkap langsung oleh Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Terkait hal tersebut, Puan menegaskan, Gibran fokus dulu menghabiskan masa jabatannya sebagai Wali Kota Solo.

"Ya kan, itu masih nanti pilkadanya tahun 2024, sekarang karena pilkada kita alhamdulillah secara serentak tahun 2024, jadi sekarang lebih baik setiap kepala daerah itu fokus kepada wilayahnya masing masing sampai masa jabatannya berakhir, sehingga bisa bermanfaat bagi daerahnya," ujar Puan kepada wartawan di Masjid At-Taufiq, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Senin (20/6/2022).

Baca Juga: Puan Maharani Didoakan Kiai Maju Jadi Capres 2024

1. PDIP fokus lebih dulu ke pilpres

Gibran Didorong Maju Jadi Gubernur, Puan: Fokus Dulu Jabatan SekarangPuan Maharani (IDN Times/Yosafat Diva)

Puan menjelaskan, PDIP bakal fokus ke pemilihan presiden (pilpres) karena waktu pelaksanaannya lebih dahulu ketimbang pilkada.

Setelah pilpres selesai, barulah PDIP akan fokus pada pilkada.

"Masih jauh banget, kita pilpres dulu bulan Februari, karena pilkada kan masih bulan November setelah persiapan pilpresnya mateng, setelah kita selesai pilpres bulan Februari, baru kita persiapan pilkada," tutur Puan.

2. Gibran didorong Prabowo maju pilkada

Gibran Didorong Maju Jadi Gubernur, Puan: Fokus Dulu Jabatan SekarangGibran Rakabuming Raka (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)

Sebelumnya, Gibran Rakabuming Raka, membuka sedikit isi pertemuan dan santap siangnya dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Hambalang, Bogor pada 18 Juni 2022 lalu.

Salah satunya, kata Gibran, ia disarankan oleh Prabowo agar ikut maju dalam Pilkada 2024 sebagai calon gubernur. Prabowo menyarankan Gibran untuk maju di Pilkada DKI Jakarta atau Jawa Tengah.

"Ada banyak (pesan dan wejangan), rahasia dan sifatnya tertutup. (Soal karier politik) pasti dong, ikut dibahas," ungkap Gibran ketika ditemui media di GO Sritex Arena, Solo, pada Minggu, 19 Juni 2022.

"Disarankan untuk maju di salah satu provinsi (DKI Jakarta-Jateng). Salah satu provinsi saja (DKI Jakarta atau Jateng)," kata dia.

3. Dapat dukungan dari Megawati dan Puan

Gibran Didorong Maju Jadi Gubernur, Puan: Fokus Dulu Jabatan SekarangWalikota Solo, Gibran Rakabuming Raka di Sekolah Partai DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wasesa)

Selain disarankan oleh Prabowo agar maju di pilgub, Mega turut menyarankan hal serupa kepada putra sulung Presiden Joko "Jokowi" Widodo itu.

Gibran mengklaim, juga disarankan agar ikut maju sebagai cagub di Pilkada 2024 ketika menemui Mega di kediaman pribadinya pada akhir pekan lalu.

Sebelumnya, Gibran juga ikut rapat koordinasi para kepala daerah dari kader PDIP selama dua hari di Lenteng Agung, Jakarta Selatan.

"Mbak Puan dan Bu Mega juga sama (ikut menyarankan agar maju pilgub)," ungkap Gibran.

Namun, ia enggan mengungkap lebih jauh isi pertemuannya dengan Mega dan Puan. "Yang jelas kemarin setelah sekolah partai saya berkesempatan bertemu dengan Bu Ketum (Megawati) dan Mbak Puan, lalu Menhan (Prabowo) juga, dan Pak Sekjen (Hasto)," tutur dia.

Ia kembali menyebut bahwa urusan maju sebagai cagub di pilkada masih jauh. Saat ini, Gibran mengaku masih ingin fokus mengurus Kota Solo.

"Masih jauh ya (urusan pilgub). Untuk urusan dukung-mendukung nanti saja, intinya kemarin saya hanya sowan saja karena sudah lama tidak ketemu," katanya lagi.

Baca Juga: Gibran Didorong Prabowo-Mega Maju Pilgub 2024, ke DKI Jakarta?

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya