Golkar Tegaskan KIB Tak Pernah Bahas Anies Baswedan Jadi Capres 2024

KIB masih bahas visi misi jelang 2024

Jakarta, IDN Times - Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Ahmad Doli, memastikan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang terdiri dari Golkar, PAN, dan PPP tidak pernah membicarakan sosok Anies Baswedan sebagai calon Presiden (capres) yang bakal diusung pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

"Kalau di KIB kita belum pernah membicarakan (dukung Anies capres)," kata Doli saat ditemui di Cikini, Jakarta Pusat, Jumat (18/11/2022).

Baca Juga: Anies Baswedan Santap Siang Bareng Petinggi 3 Parpol, Bahas Apa?

1. KIB belum pernah bicarakan nama capres dan cawapres

Golkar Tegaskan KIB Tak Pernah Bahas Anies Baswedan Jadi Capres 2024Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Ahmad Doli (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Doli menegaskan, sejauh ini, KIB belum pernah membahas secara resmi tentang nama capres dan cawapres yang bakal dideklarasikan pada Pemilu 2024.

"Jangankan membicarakan Pak Anies, masing- masing kmi belum pernah bicara duduk sama-sama nih capresnya siapa cawapresnya siapa. Itu yang sekarang kami belum masuk ke fase itu," ucap dia.

Baca Juga: Hasil Survei Voxpol: Anies Capres Paling Layak di Pemilu 2024

2. KIB masih bahas soal program serta visi dan misi

Golkar Tegaskan KIB Tak Pernah Bahas Anies Baswedan Jadi Capres 2024Beberapa elit partai politik turut hadir dalam KIB, di antaranya Menko Luhut Binsar Pandjaitan, dan Hatta Rajasa. (IDNTimes/Melani Putri)

KIB saat ini masih dalam proses menyatukan visi dan misi program parpol. Pembahasan itu menyangkut strategi dan program lima tahun ke depan yang ditawarkan kepada masyarakat.

"Sekarang kan fasenya di KIB masih terus mencoba mengelaborasi visi dam misi program. Kira-kira narasi apa yang dibangun oleh KIB lima tahun yang akan datang dan sedang dalam proses berinteraksi dengan masyarakat, makanya kami kemarin buat acara di Surabaya, di Makassar," tutur dia.

Baca Juga: Anies Tegaskan Pertemuannya dengan Gibran di Solo Hanya Silaturahmi

3. Golkar tak masalahkan kader PPP deklarasikan Anies capres 2024

Golkar Tegaskan KIB Tak Pernah Bahas Anies Baswedan Jadi Capres 2024Mantan napi dan politikus PPP Muhammad Romahurmuziy (duduk dan kedua dari kiri) hadir di acara Muskerwill PPP di Yogyakarta pada 31 Januari 2022 (www.instagram.com/@dpp.ppp)

Lebih lanjut, Doli juga membahas sejumlah kader PPP yang mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai capres pada Pemilu Serentak 2024 mendatang.

Dia menjelaskan, pihaknya tak mempermasalahkan keputusan kader PPP mendukung Anies sebagai capres karena KIB sejauh ini belum mengumumkan secara resmi nama capres dan cawapres.

"Sampai sekarang memang masih mempersilakan setiap partai politik untuk melakukan konsolidasi masing-masing. Selama belum masuk pada fase paket pembicaraan capres dan cawapres, itu memang parpol diberi kesempatan untuk menyerap aspirasi dari masing-masing kader partai," imbuh Doli.

Baca Juga: Survei: Jelang 2024 Popularitas Golkar Kalahkan Gerindra dan PDIP

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya