Gus Yahya Siap Kerahkan Banser Jika Dibutuhkan KPU pada Pemilu 2024

KPU gelar audiensi dengan PBNU

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum (Ketum) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Yahya Cholil Staquf menegaskan, pihaknya siap mengerahkan Barisan Ansor Serbaguna Nahdlatul Ulama (Banser) jika diperlukan pada Pemilu Serentak 2024 mendatang.

Hal tersebut disampaikan Gus Yahya dalam konferensi pers usai menggelar audiensi dengan KPU RI.

Baca Juga: Bahas Sistem Proporsional Tertutup, Ketua KPU Dilaporkan ke DKPP

1. PBNU siap kerahkan Banser jika diperlukan

Gus Yahya Siap Kerahkan Banser Jika Dibutuhkan KPU pada Pemilu 2024Personel Banser Banyumas berkumpul diAlun-alun Purwokerto pada acara Parade Merah Putih memperingati hari pahlawan, Minggu (15/11/2020). Dok. Banser Banyumas

Dia menjelaskan, silaturahmi dengan KPU merupakan salah satu upaya untuk menjalin kerja sama jelang Pemilu 2024. Gus Yahya berharap, ke depan akan lebih banyak membahas soal pendidikan politik dalam bentuk yang lebih luas.

"Maka tadi ada pemikiran untuk menggalang kerja sama antara KPU dan PBNU yang fokusnya saya kira nanti lebih banyak pada soal pendidikan politik untuk warga, terkait dengan pemilu itu sendiri. Ditambah dengan kerja sama-kerja sama lebih luas termasuk kalau misalnya KPU butuh Banser, nanti kita sediakan," ucap Gus Yahya di Kantor PBNU, Jakarta Pusat, Rabu (4/1/2022).

Baca Juga: Salaman dengan Ketua KPU, Ketum Muhammadiyah: Artinya Pemilu Jadi

2. KPU minta dukungan PBNU

Gus Yahya Siap Kerahkan Banser Jika Dibutuhkan KPU pada Pemilu 2024Lambang Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Sementara itu, Ketua KPU memastikan kedatangan jajarannya ke Kantor PBNU sebagai upaya menjalin silaturahmi dan dukungan terhadap penyelanggaraan Pemilu 2024.

"Hari ini KPU melakukan kunjungan, sowan, audiensi, silaturahim kepada pimpinan PBNU dalam rangka membangun dukungan penyelenggaraan Pemilu 2024, sebagaimana yang sudah sama-sama kita ketahui pada awal KPU periode 2022-2027 ini terbentuk," ujar dia.

Baca Juga: Muhammadiyah Usul Sistem Pemilu Proporsional Terbuka Terbatas 

3. KPU jalin silaturahmi dengan berbagai organisasi kemasyarakatan

Gus Yahya Siap Kerahkan Banser Jika Dibutuhkan KPU pada Pemilu 2024Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Jakarta Pusat (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Hasyim memastikan, KPU akan terus menjalin silaturahmi dengan organisasi kemasyarakatan. Sebelumnya, KPU juga sudah menggelar komunikasi ke lembaga negara maupun pemerintah.

"Kami melakukan roadshow silaturahim kepada pimpinan-pimpinan lembaga negara dan pemerintahan, dalam rangka membangun kerja sama dukungan penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada 2024," kata dia.

"Sekarang saatnya KPU silaturahim kepada pimpinan organisasi kemasyarakatan. Sejak awal Desember kami berkomunikasi dengan pimpinan ormas keagamaan, PBNU, Muhammadiyah, PGI, KWI, WALUBI, MAPAKIN," imbuh Hasyim.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya