Comscore Tracker

Hadiri Pemakaman Tjahjo Kumolo, Surya Paloh: Saya Kehilangan Adik

Surya Paloh terakhir bersua Tjahjo di pernikahan adik Jokowi

Jakarta, IDN Times - Ketua Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Surya Paloh, mengenang kedekatannya dengan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo.

Pantauan dari IDN Times, Surya Paloh menghadiri langsung acara pemakaman Tjahjo Kumolo di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan.

Dalam kesempatan itu, Surya Paloh mengatakan, terakhir bertemu dengan Tjahjo Kumolo adalah saat pernikahan adik Presiden Joko "Jokowi" Widodo.

"Terakhir berkontak di solo, perkawinan adik Bapak Jokowi. Itu terakhir saya," ujar Surya Paloh kepada awak media, Jumat (1/6/2022).

Dia mengaku, punya hubungan yang akrab dengan Tjahjo Kumolo semasa hidup. Tak jarang keduanya sering bertukar informasi terkait dinamika politik dan kehidupan bernegara.

"Ada sering kirim, ada kiriman apa aja. Ada informasi baru pasti dia kirim pada saya," kata dia.

Surya Paloh mengatakan, dirinya kehilangan sosok teman diskusi yang sudah dianggap sebagai adik kandung.

"Kehilangan seorang adik, yang sudah terkenal puluhan tahun, persahabatan yang terjaga, dan harini dia telah berpulang," kata politisi berusia 70 tahun itu.

"Sebagai adik dia orang baik ya. Banyak hal yang selalu didiskusikan, menempatkan saya sebagai kakaknya, bukan sekadar perkenalan biasa, cukup lama dari muda," lanjut Surya Paloh.

Dia pun mendoakan Tjahjo Kumolo semoga diberikan di tempat terbaik di sisi Sang Khalik.

"Semoga semua amal baiknya dapat diterima oleh sang maha pencipta. Itulah dia arti kunjungan saya kemari," ujar dia.

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya