Hadiri Sumpah Ketua MK, Ini Pesan Ibas ke Anwar Usman

Ketua dan Wakil Ketua MK dipilih melalui jalur voting

Jakarta, IDN Times - Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR RI Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas mengucapkan selamat dan harapannya untuk Ketua dan Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) masa jabatan 2023 sampai 2028 yang disumpah pada hari ini, Senin (20/3/2023). 

Pria yang akrab disapa Ibas tersebut, hadir secara langsung di acara Pengucapan Sumpah Ketua dan Wakil Ketua MK terpilih yang digelar di Ruang Sidang Pleno Gedung I Mahkamah Konstitusi, Jakarta Pusat. Diketahui, Anwar Usman terpilih sebagai Ketua MK Anwar Usman dan Saldi Isra sebagai Wakil Ketua MK.

Baca Juga: Jokowi Hadiri Sidang Pengucapan Sumpah Jabatan Ketua dan Wakil MK

1. Ketua MK diharapkan bisa menjaga stabilitas konstitusi

Hadiri Sumpah Ketua MK, Ini Pesan Ibas ke Anwar UsmanKetua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman (youtube.com/Mahkamah Konstitusi)

Wakil Ketua Banggar DPR RI tersebut mengimbau agar Ketua MK dapat memberikan stabilitas dalam ranah konstitusi yang bangsa butuhkan. 

“Saya mengucapkan selamat atas dilantik kembalinya Prof. Dr. H. Anwar Usman, S.H., M.H., sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi untuk periode ketiganya. Saya yakin, Prof. Anwar akan memberikan stabilitas dalam ranah konstitusi yang kita butuhkan di masa penuh perubahan ini,” ujar Ibas dalam keterangannya.

Baca Juga: Dilantik Jadi Ketua MK, Anwar Usman: Tak Takut dan Tunduk Siapapun

2. Hakim MK harus dapat mengemban amanah

Hadiri Sumpah Ketua MK, Ini Pesan Ibas ke Anwar UsmanKetua Fraksi Partai Demokrat DPR RI Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) bersama Ketua MK, Anwar Usman (dok. Istimewa)

Begitu pula untuk Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi yang baru, Ibas berharap kehadirannya dapat memberika suntikan darah segar dan angin perubahan MK dalam menjalankan tugasnya.

“Saya juga mengucapkan selamat kepada Prof. Dr. Saldi Isra, S.H. atas dilantiknya sebagai Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi. Saya yakin, Prof. Saldi akan dapat memberikan suntikan darah segar terhadap institusi MK dan memberikan angin perubahan agar MK dapat menjalankan tugasnya sembari menyesuaikan dengan perubahan zaman,” ucap dia.

Menurut Ibas, Hakim Mahkamah Konstitusi harus dapat mengemban amanah sesuai fakta kebenaran dan aspirasi rakyat. 

“Hakim MK haruslah amanah sesuai fakta kebenaran dan aspirasi rakyat,” tuturnya. 

“Istilahnya Hakim MK adalah mereka yang mulia yang telah selesai dalam kehidupan dunianya; sehingga niat, pikiran dan keputusannya harus lurus agar setiap guratan tintanya bermakna penuh manfaat,” lanjut dia.

Baca Juga: Profil Saldi Isra, dari Dosen Jadi Hakim Kini Wakil Ketua MK 

3. Demokrat harap Anwar dan Saldi bisa berkontribusi perbaiki MK

Hadiri Sumpah Ketua MK, Ini Pesan Ibas ke Anwar UsmanSidang Pleno Khusus Mahkamah Konstitusi, Pengucapan Sumpah Ketua dan Wakil Ketua MK Masa Jabatan 2023-2028 di Gedung MK (youtube.com/Mahkamah Konstitusi)

Untuk itu menurut Ibas, sosok Hakim MK harus objektif, terukur, dan transparan. Wakil Ketua Umum Partai Demokrat ini berharap kombinasi dan kolaborasi manis Ketua dan Wakil Ketua MK dapat memberikan momentum perbaikan. 

“Bukan sebaiknya manut dalam kekuasaan, tekanan, dan selera mereka yang membayar. Saya berharap dan saya yakin, kombinasi manis Prof. Anwar dan Prof. Saldi ini akan memberikan momentum perubahan sembari menjaga norma dan nilai tradisi yang telah mengakar dalam Mahkamah Konstitusi RI,” tuturnya. 

Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua MK ini berjalan demokratis, dilakukan melalui pemungutan suara dalam rapat pleno hakim yang dilakukan terbuka. Hakim Konstitusi Anwar Usman terpilih sebagai Ketua MK setelah melalui pemilihan dalam tiga putaran.

Sementara pada pemilihan Wakil Ketua MK, Hakim Konstitusi Saldi Isra sah sebagai Wakil Ketua MK setelah meraih lima suara.

Baca Juga: SBY Tambah Cucu, Nama Anak Keempat Ibas Yudhoyono dan Artinya

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya