IKN Mulai Dibangun Agustus, Pemerintah Gaspol Market Sounding

Pemerintah pastikan pembangunan IKN dengan konsep layak huni

Jakarta, IDN Times - Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Bambang Susantono, memastikan pembangunan IKN akan mulai dilaksanakan pada Agustus 2022. Tahapan pembangunan mulai dikerjakan usai kepala otorita IKN menggelar rapat dengan Presiden Joko "Jokowi" Widodo dan sejumlah menteri lainnya.

"IKN ini akan segera dibangun, terutama pada Agustus mendatang, di mana pekerjaan-pekerjaan infrastruktur dan bangunan-bangunan inti akan mulai dipersiapkan," ujar Bambang dalam konferensi pers yang disiarkan melalui YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (20/7/2022).

Baca Juga: Butuh Rp3,4 Triliun Bangun Tol IKN Segmen Karang Joang-KKT Kariangau

1. Pemerintah mulai jajak minat pasar IKN

IKN Mulai Dibangun Agustus, Pemerintah Gaspol Market SoundingKepala Otorita IKN Bambang Susantono (adb.org)

Bambang menjelaskan pemerintah juga mulai melakukan jajak minat pasar atau market sounding ke perusahaan dan masyarakat, untuk membangun sejumlah fasilitas di IKN Nusantara.

Persiapan ini, kata dia, dilakukan bersamaan dengan pembangunan fasilitas penunjang. Bambang memastikan pihaknya siap menampung sejumlah minat dari pihak yang ingin berpartisipasi mengelola pembangunan fasilitas utama, di antaranya, kesehatan, pendidikan, dan kebutuhan sehari-hari di kawasan 1A IKN, atau Kawasan Inti Pusat Pemerintahan IKN.

"Di samping infrastruktur dan bangunan-bangunan inti, kami akan mulai melakukan jajak pasar ataupun market sounding untuk menampung beberapa beberapa interest, beberapa keinginan beberapa pihak dari elemen-elemen masyarakat yang ingin berpartisipasi dalam pembangunan IKN," kata Bambang.

2. IKN Nusantara kedepankan kota dengan ekosistem layak huni

IKN Mulai Dibangun Agustus, Pemerintah Gaspol Market SoundingPrinsip ke delapan pembangunan IKN adalah peluang ekonomi untuk semua. (Dok. IKN)

Pemerintah juga ingin memastikan pembangunan IKN Nusantara tidak hanya fokus pada bangunan fisik. Namun diperlukan juga pembangunan dengan mengedepankan ekosistem kota layak huni.

"Intinya, yang akan kita bangun tidak hanya bangunan fisik, tetapi juga bagaimana kita membangun satu ekosistem dari satu kota yang layak huni, dan itu target kami di 2024," ucap Bambang.

Baca Juga: Bahlil Klaim Banyak Negara Ingin Investasi di IKN Nusantara

3. Pemerintah siapkan pelatihan untuk warga setempat

IKN Mulai Dibangun Agustus, Pemerintah Gaspol Market SoundingDesain pemenang Sayembara Konsep Perancangan Kawasan dan Bangunan Gedung di IKN Nusantara. (dok. Kementerian PUPR)

Lebih lanjut, kata Bambang, pemerintah sedang menggodok sistem pelatihan bagi warga yang sudah bermukim di sekitar kawasan IKN Nusantara. 

Nantinya warga setempat bakal mendapatkan pelatihan konstruksi dan non-konstruksi. Pelatihan itu bakal melibatkan sejumlah elemen masyarakat, dari LSM, akademisi, hingga Badan Usaha Milik Negara (BUMN). 

Bambang menyebut, pelatihan warga setempat bertujuan supaya mereka terlibat aktif dalam pembangunan IKN Nusantara.

"Bahwa kita pada saat ini juga mempersiapkan saudara-saudara kita yang penduduk yang lokal, yang berada di daerah sekitar IKN, juga ada beberapa training ataupun istilahnya pelatihan-pelatihan," kata dia.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya