Intimidasi di Safari Politik Anies, Projo: Demokrasi Harus Bermartabat

Projo dorong Pemilu 2024 lebih bermutu

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Relawan Pro Jokowi (Projo) Budi Arie Setiadi buka suara terkait intimidasi safari politik Anies Baswedan di beberapa daerah.

Safari politik Anies di sejumlah daerah disebut mendapat intimidasi dari sekelompok masyarakat, seperti nsidien telur busuk yang dilemparkan ke kantor DPW Partai NasDem Aceh dan lapangan bola tempat acara Anies.

Baca Juga: Ketua Relawan Joman: Tak Ada Relawan Jokowi, Sekarang Sibuk Cari Uang

1. Projo dukung demokrasi lebih bermartabat

Intimidasi di Safari Politik Anies, Projo: Demokrasi Harus BermartabatRelawan Projo saat menggelar Musra II di Makassar. IDN Times/Dahrul Amri

Terkait hal itu, Budi Arie mengecam intimidasi yang dilakukan kepada mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut. Menurut dia, sebagai negara demokrasi, masyarakat Indonesia harus lebih bermartabat dalam memandang aktivitas politik.

"Demokrasi ini harus kita munculkan dengan cara yang lebih baik dan bermartabat," kata dia saat ditemui di kawasan Panglima Polim, Jakarta Selatan, Selasa (6/11/2022).

Baca Juga: Ribuan Relawan Jokowi Akan Hadiri Pernikahan Kaesang-Erina

2. Budaya intimidasi dan kekerasan harus ditinggalkan

Intimidasi di Safari Politik Anies, Projo: Demokrasi Harus BermartabatKetua Umum (Ketum) Pro Jokowi (Projo), Budi Arie (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi ini berharap intimidasi safari politik itu bisa segera dihilangkan jelang Pemilu 2024. Menurutnya, demokrasi yang ideal jauh dari kekerasan dan ancaman.

"Kita mengharapkan cara-cara seperti itu dihilangkan atau ditinggalkan. Gak boleh demokrasi diwarnai dengan kekerasan, demokrasi harus tertib sosial," tutur dia.

Baca Juga: Joman Sindir Acara Relawan di GBK: Ingin Jokowi Jadi Monster Politik

3. Pemilu 2024 harus terbuka untuk semua kelompok masyarakat

Intimidasi di Safari Politik Anies, Projo: Demokrasi Harus BermartabatIlustrasi Pemilu (IDN Times/Arief Rahmat)

Lebih lanjut, Budi Arie mengingatkan supaya Pemilu 2024 terbuka dan ramah bagi seluruh elemen masyarakat, termasuk berbagai relawan pendukung capres.

"2024 ini harus terbuka untuk semua relawan, kita mengimbau kepada seluruh pihak untuk menjaga suasana agar kontestasi politik 2024 lebih sejuk, bermutu, berbobot, membawa nilai tambah bagi kualitas demokrasi kita," imbuh dia.

Baca Juga: ProJo Siap Dukung Prabowo Sebagai Capres, Asal Itu Arahan dari Jokowi

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya