Jadi Wamendagri, Harta Kekayaan John Wempi Wetipo Rp65,3 Miliar

John Wempi pernah dapat penghargaan dari KPK dan BPK

Jakarta, IDN Times - Politikus asal Papua John Wempi Wetipo resmi dilantik menjadi Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri). Wempi sebelumnya merupakan Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

John Wempi Wetipo memulai kariernya sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Papua. Ia kemudian putar haluan jadi politikus dan menjadi Bupati Jayawijaya, Provinsi Papua selama dua periode, yakni 2008-2013 dan 2013-2018. Partai yang mengusungnya adalah PDI Perjuangan.

Berapa harta kekayaan yang dimiliki John Wempi Wetipo? Berikut penelusurannya. 

Baca Juga: Profil John Wempi Wetipo, Politikus Papua Jadi Wamendagri

1. Punya harta kekayaan Rp65,3 miliar

Jadi Wamendagri, Harta Kekayaan John Wempi Wetipo Rp65,3 MiliarANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Berdasarkan laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) yang diakses IDN Times pada Rabu (15/6/2022), harta kekayaan Wempi Wetipo tahun 2020 mencapai Rp65,3 miliar.

Mantan Bupati Jayawijaya ini memiliki harta kekayaan berupa tanah dan bangunan mencapai Rp7,3 miliar. Tercatat asetnya ada di Jayawijaya dan Makassar.

2. Total kekayaan berupa kendaraan Rp4 miliar

Jadi Wamendagri, Harta Kekayaan John Wempi Wetipo Rp65,3 MiliarIDN Times/ Helmi Shemi

Kemudian total kekayaan John Wempi Wetipo berupa transportasi atau kendaraan sebesar Rp4 miliar. Dengan kendaraan paling mahal berupa mobil Jeep Wrangler tahun 2010 dan Toyota Fortuner tahun 2018.

Adapun harta bergerak lainnya Rp563 juta, kas dan setara kas Rp513,9 juta, dan harta lainnya mencapai Rp52,9 miliar.

3. Pernah dapat penghargaan dari KPK dan BPK

Jadi Wamendagri, Harta Kekayaan John Wempi Wetipo Rp65,3 MiliarIDN Times/ Helmi Shemi

Pada 2018, John Wempi Wetipo pernah ikut kontestasi Pemilihan Gubernur Papua berpasangan dengan Habel Melkias, untuk bersaing melawan Gubernur petahana Lukas Enembe. Pilgub akhirnya dimenangi oleh Lukas Enembe.

John Wempi diketahui menghabiskan masa pendidikan di Papua dan Sulawesi Utara. Wempi sempat mengeyam pendidikan Akpar di Manado (1991—1994) dan Fakultas Hukum Universitas Cendrawasih (1997—2011).

Kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini juga menyelesaikan pendidikan pascasarjana di universitas yang sama pada 2013.

Pada 2016, dia mendapat penghargaan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk tingkat kepatuhan pengelolaan laporan harta dan kekayaan pejabat negara (LHKPN).

John Wempi juga mendapat penghargaan Penilaian Tertinggi Pengelolaan Keuangan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) pada 2017.

Baca Juga: [BREAKING] Pramono Anung Pastikan Jokowi Lantik 2 Menteri dan 3 Wamen Siang Ini

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya