Jemaah Haji Diminta Fokus Ibadah, Tak Aktivitas Politik di Tanah Suci

Pemerintah Saudi sangat ketat jaga kenyamanan jemaah haji

Jakarta, IDN Times - Staf Khusus (Stafsus) Menteri Agama Bidang Media dan Komunikasi Publik Wibowo Prasetyo, mengingatkan jemaah haji yang akan berangkat ke Tanah Suci pada tahun ini untuk fokus beribadah, dan meninggalkan aktivitas lain, termasuk terkait politik jelang Pemilu 2024.

"Intinya kalau jemaah haji berangkat haji, ya beribadah saja. Tinggalkan semua aktivitas apapun selain beribadah di sana, termasuk ya aktivitas politik, kan tidak boleh di sana ke politik," kata Wibowo, saat ditemui awak media di Asrama Haji Indramayu, Jawa Barat, Jumat (5/5/2023) malam.

Baca Juga: Kemenag Gandeng Kemenkes Awasi Penyelenggaraan Haji 2023

1. Ibadah haji jangan dinodai dengan aktivitas lain

Jemaah Haji Diminta Fokus Ibadah, Tak Aktivitas Politik di Tanah SuciSuasana Jamaah Haji di depan Ka'bah, Masjidil Haram, Makkah (IDN Times/Umi Kalsum)

Menurut Wibowo, sangat disayangkan jika nanti ada jemaah haji yang membawa atribut partai politik (parpol) ke Tanah Suci.

"Sayang dong udah sampai sana kemudian digunakan dengan aktivitas yang selain beribadah," ucap Wibowo.

Dia menyampaikan hal ini menjawab pertanyaan awak media soal kemungkinan jemaah haji membawa atribut politik, jelang Pemilu 2024.

Baca Juga: 70 Persen Jemaah Haji Embarkasi Kertajati Berasal dari Desa

2. Pemerintah Saudi sangat ketat jaga kenyamanan jemaah haji

Jemaah Haji Diminta Fokus Ibadah, Tak Aktivitas Politik di Tanah SuciIlustrasi jemaah haji di Asrama Haji. (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

Wibowo menjelaskan, Pemerintah Arab Saudi sangat ketat terhadap kenyamanan dan keamanan jemaah haji yang berada di Makkah.

Dia mengimbau agar jemaah haji tidak melakukan aktivitas yang menganggu kenyamanan jemaah haji lainnya. Karena bukan tidak mungkin, kegiatan yang menganggu kenyamanan ibadah haji itu ditindak oleh aparat penegak hukum setempat.

"Jadi saya juga mengimbau kepada para jemaah untuk memantapkan niat beribadah sebaik mungkin, lupakan aktivitas yang selain ibadah haji," imbuh dia.

Baca Juga: Kemenag: 8 Ribu Jemaah Haji Berangkat dari Bandara Kertajati

3. Biaya pelunasan haji diperpanjang hiongga 12 Mei

Jemaah Haji Diminta Fokus Ibadah, Tak Aktivitas Politik di Tanah SuciIlustrasi jemaah haji. (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho)

Untuk pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) 1444 H/2023 M, Kemenag memastikan diperpanjang hingga 12 Mei 2023.

Direktur Layanan Haji Dalam Negeri Kementerian Agama, Saiful Mujab mengatakan, pelunasan Bipih 1444 H dibuka sejak 11 April 2023. Pelunasan ini sempat ditutup pada 18 April 2023 seiring cuti bersama Hari Raya Idul Fitri.

"Kemudian usai libur Lebaran, pelunasan dibuka kembali pada 26 April 2023," kata Saiful saat ditemui awak media di Bandar Udara Internasional Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, Jumat (5/5/2023).

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya