Jokowi Berharap NU Lahirkan Nahdliyin Muda yang Mampu Kuasai Iptek

Jokowi tekankan NU bisa jadi teladan generasi muda

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo berharap kepada lembaga pendidikan Nahdlatul Ulama (NU), bisa melahirkan Nahdliyin yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek).

Hal itu diungkapkan Jokowi dalam sambutan resepsi puncak Hari Lahir (Harlah) 1 Abad Nahdlatul Ulama (NU) yang berlangsung di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (7/2/2023).

Baca Juga: Jokowi Apresiasi Peran NU Hadapi Radikalisme dan Ekstremisme

1. Jokowi minta lembaga pendidikan NU lahirkan Nahdliyin muda yang kuasai Iptek

Jokowi Berharap NU Lahirkan Nahdliyin Muda yang Mampu Kuasai IptekPresiden Jokowi saat menghadiri acara Harlah 1 Abad NU (YouTube/NU Chanel)

Jokowi mengatakan, di tengah gelombang perubahan, NU harus terdepan dalam membaca gerak zaman, perkembangan teknologi, tranformasi ekonomi, dan menjaga tatanan sosial. Oleh sebabnya, lembaga pendidikan NU harus bisa mengikuti perkembangan zaman.

"Saya berharap lembaga pendidikan di NU agar mempersiapkan nahdliyin muda yang menguasai IPTEK terbaru, teknologi digital yang berkembang pesat, dan mampu menjadi profesional yang unggul," kata dia.

2. NU harus berperan mewarisi teladan dan adab sopan santun

Jokowi Berharap NU Lahirkan Nahdliyin Muda yang Mampu Kuasai IptekPresiden Jokowi saat menghadiri acara Harlah 1 Abad NU (YouTube/NU Chanel)

Lebih lanjut, Jokowi juga menekankan penguasaan teknologi digital harus di dibarengi dengan peran NU dalam merangkul generasi muda, khususnya untuk mewarisi teladan dan budaya sopan santun adat timur.

"Saya juga berharap agar NU merangkul dan memberi perhatian serius kepada generasi muda agar tetap mengakar kuat kepada tradisi dan adab Ahlussunnah Wal Jamaah dan terus menguasai IPTEK," tutur dia.

Baca Juga: Klaim Anak Kandung NU, PKB Konvoi Harlah 1 Abad

3. Erick Thohir yakin PBNU berperan besar menjaga NKRI

Jokowi Berharap NU Lahirkan Nahdliyin Muda yang Mampu Kuasai IptekMenteri BUMN Erick Thohir (YouTube/NU Chanel)

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Panitia Peringatan Harlah 1 Abad NU, Erick Thohir yakin energi positif NU di bawah kepemimpinan Jokowi dan Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf bisa menjaga persatuan di tengah isu polarisasi.

"Saya meyakini NU di bawah kepemimpinan bapak Kiai Haji Yahya Cholil Staquf akan terus berada di belakang Bapak Presiden dalam mendukung NKRI dan Pancasila," imbuh dia.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya