Comscore Tracker

Kaum Duafa dan Orang Kecil Jadi Basis Pendukung Koalisi Gerindra-PKB 

Koalisi Gerindra-PKB cepat terbangun karena kesamaan misi

Jakarta, IDN Times - Sekjen Partai Gerindra, Ahmad Muzani, mengatakan bahwa Gerindra dan PKB memiliki basis pemilih yang sama, yakni kaum duafa dan masyarakat kecil.

Hal tersebut diungkapkan Muzani saat gowes bareng bersama Ketua DPW PKB Lampung, Chusnunia Chalim, yang juga Wakil Gubernur Lampung pada Jumat (19/8/2022) pagi.

"Keduanya memiliki basis dukungan dari orang-orang kecil, kaum dhuafa, rakyat miskin yang membutuhkan kekuatan politik. Karena itu koalisi Gerindra-PKB cepat menemukan formatnya," ujar Muzani.

Baca Juga: Puji Jokowi di Rapimnas Gerindra, Prabowo: Beliau Sama dengan Saya

1. Muzani menilai koalisi Gerindra-PKB bergelora di seluruh daerah

Kaum Duafa dan Orang Kecil Jadi Basis Pendukung Koalisi Gerindra-PKB Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani (dok. Gerindra)

Muzani menilai, meski Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 masih lama, namun dinamika politik sudah mulai dirasakan di seluruh daerah yang ada di Indonesia, termasuk koalisi Gerindra dengan PKB.

"Pemilu 2024 masih berlangsung 14 Februari 2024, kurang lebih masih 2 tahun lagi. Tapi gemuruh politik sudah bergema di mana-mana. Koalisi Gerindra-PKB bergelora sampai seluruh belahan Nusantara," kata dia.

Baca Juga: Akui Pernah Bandel di TNI, Prabowo Sebut Masa Lalu Tak Perlu Disesali

2. Koalisi PKB dan Gerindra bisa terjalin karena memiliki misi yang sama

Kaum Duafa dan Orang Kecil Jadi Basis Pendukung Koalisi Gerindra-PKB Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar di Rapimnas Gerindra (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Padahal, kata Muzani, biasanya koalisi mulai dibangun paling cepat setengah tahun menjelang digelar pilpres.

Oleh sebab itu, dia menilai bersatunya Gerindra dan PKB yang terbilang cepat ini lantaran memiliki basis pendukung yang sama.

"Biasanya koalisi itu setengah tahun paling cepat sebelum Pilpres. Kenapa Gerindra dan PKB cepat bekerja sama, karena kedua partai ini punya misi dan cara pandang yang sama, serta basis dukungan yang sama," ucap Muzani.

Baca Juga: Prabowo Dibuat Grogi Cak Imin di Rapimnas Gerindra

3. Muzani bakal pantau langsung kegiatan PKB dan Gerindra

Kaum Duafa dan Orang Kecil Jadi Basis Pendukung Koalisi Gerindra-PKB Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra, Ahmad Muzani (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Wakil Ketua MPR ini juga menuturkan, Lampung merupakan provinsi utama yang melaporkan kerja sama politik Gerindra dengan PKB.

"Lampung menjadi provinsi pertama yang terus mempeloporkan kerja sama politik Gerindra dan PKB," tutur Muzani.

Lebih lanjut, Muzani memastikan dia bakal mengawal langsung kegiatan antara Gerindra dan PKB yang nantinya akan digelar di berbagai daerah.

"Saya akan memimpin langsung kegiatan-kegiatan bersama seperti ini antara PKB dan Gerindra. Saya sudah minta agar seluruh pengurus Gerindra di seluruh daerah untuk libatkan PKB di setiap kegiatan," ucap dia.

Topic:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya