Keppres Pengangkatan Heru Budi Jadi Pj Gubernur DKI Keluar Pekan Depan

Anies percaya Heru pimpin Jakarta

Jakarta, IDN Times - Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Benny Irwan menyebutkan, Presiden Joko "Jokowi" Widodo telah menggelar Rapat Tim Penilaian Akhir (TPA) untuk memilih Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta yang akan menggantikan Anies Baswedan.

"Sidang TPA sudah dilaksanakan hari ini," ujar dia dalam keterangan tertulis kepada IDN Times, Jumat (7/10/2022).

Sumber IDN Times di Istana menyebutkan, dalam rapat tersebut Presiden Jokowi memilih Heru Budi Hartono sebagai Pj Gubernur DKI. Anies pun telah memberikan ucapan selamat kepada Heru.  

Baca Juga: Menpora: Jokowi Sudah Minta Maaf kepada Keluarga Korban Kanjuruhan

1. Rapat TPA membahas tiga nama yang diusulkan DPRD DKI

Keppres Pengangkatan Heru Budi Jadi Pj Gubernur DKI Keluar Pekan DepanIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Menurut Benny, dalam rapat yang dipimpin langsung oleh Jokowi di Istana Merdeka tersebut, dibahas tiga nama Pj Gubernur yang diusulkan DPRD DKI Jakarta.

"(Rapat digelar) dengan mengajukan tiga nama calon Pj Gubernur DKI Jakarta sesuai usulan DPRD DKI," kata dia.

Baca Juga: Pengamat Bongkar Kode Anies Saat Temui AHY, Dipilih Jadi Cawapres?

2. Keppres penunjukan Pj Gubernur DKI keluar pekan depan

Keppres Pengangkatan Heru Budi Jadi Pj Gubernur DKI Keluar Pekan DepanPresiden Joko Widodo (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Lebih lanjut dia menyebutkan, Keputusan Presiden (Keppres) soal pengangkatan Pj Gubernur DKI akan diumumkan pada pekan depan.

"Untuk hasilnya (Pj Gubernur DKI Jakarta yang dipilih) kita tunggu Keppresnya keluar minggu depan," tutur Benny.

Baca Juga: Heru Budi Ditunjuk Jadi Pj Gubernur DKI, Ketua DPRD: InsyaAllah Valid

3. Anies percaya Heru pimpin Jakarta

Keppres Pengangkatan Heru Budi Jadi Pj Gubernur DKI Keluar Pekan DepanPresiden Joko Widodo (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Diketahui, Heru Budi Hartono merupakan Kepala Sekretariat Presiden. Namanya menjadi salah satu dari 3 nama yang direkomendasikan oleh DPRD DKI Jakarta untuk menjadi Pj Gubernur DKI, menggantikan Anies Baswedan.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sendiri mengatakan, percaya pada sosok Heru untuk memimpin sementara Jakarta hingga Gubernur DKI terpilih dalam Pilgub 2024.

"Kami percaya pengalaman yang beliau miliki akan menjadi bekal yang sangat baik, dan kami percaya bahwa Bapak Presiden mengambil keputusan dengan mempertimbangkan seluruh faktor yang lengkap, demi kebaikan bagi masyarakat Jakarta," ujar Anies di Halte MRT ASEAN, Jakarta Selatan, Jumat (7/10/2022).

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya