Kerja Sama dengan Media Sosial, Bawaslu Akan Takedown Berita Hoaks

Bawaslu gandeng TikTok, Facebook, Instagram hingga Whatsapp

Jakarta, IDN Times - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) memastikan, bakal bekerja sama dengan sejumlah platform media sosial untuk melawan hoaks jelang Pemilu 2024.

Ketua Bawaslu RI, Rahmat Bagja menjelaskan, Pemilu 2024 nanti rawan dengan politik uang, politisasi SARA, kabar hoaks, hingga penyebaran berita bohong di media sosial.

"Pertama, pergerakan politik uang, kemudian politisasi SARA, hoaks, dan juga penyebaran berita bohong di media sosial," kata Bagja kepada wartawan di Kantor Bawaslu RI, Selasa (14/6/2022).

Baca Juga: Gelar Apel Siaga 2024, Kantor Bawaslu Diimbau Jangan Sampai Kosong

1. Bawaslu kerja sama dengan sejumlah platform media sosial

Kerja Sama dengan Media Sosial, Bawaslu Akan Takedown Berita Hoaks

Terkait penyebaran berita bohong dan ujaran kebencian di media sosial, Bawaslu memastikan, pihaknya bakal menjalin kerja sama dengan sejumlah platform.

Langkah ini diambil Bawaslu lantaran pada Pemilu 2019 lalu penegakkan hukum dianggap masih kurang efektif.

"Kerja sama dengan platform, kembali lagi ke 2019 yang lalu. Permasalahan 2019 yang lalu adalah penegakkan hukumnya masih kurang," ujar Bagja.

2. Berita bohong dan ujaran kebencian di media sosial akan di takedown

Kerja Sama dengan Media Sosial, Bawaslu Akan Takedown Berita HoaksKetua Bawaslu, Rahmat Bagja ketika memimpin Apel Siaga Pengawasan Pemilu 2024 Serentak Se-Indonesia pada Selasa, 14 Juni 2022. (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Bawaslu mengatakan, sejumlah platform media sosial yang bekerja sama di antaranya Facebook, Twitter, Instagram, TikTok, YouTube, hingga WhatsApp.

"Platform yang bekerja sama ada Facebook, Twitter, lalu Tiktok juga masuk, pasti nih. Dulu ada LINE tapi sekarang enggak lagi. Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, WhatsApp kemarin (pemilu sebelumnya) sudah dilakukan," kata dia.

Adapun langkah yang Bawaslu lakukan ketika menemukan berita bohong dan ujaran kebencian ialah dengan melakukan takedown

Kemudian untuk menimbulkan efek jera, Bagja menyebut, Bawaslu berencana bekerja sama dengan kepolisian untuk melakukan penindakan.

"Pertama takedown dulu, kami cek belakangnya IP-nya berapa, lapor ke polisi, atau kemudian ke Kominfo," ujar Bagja.

3. Bawaslu juga kerja sama dengan Cyber Crime Mabes Polri dan Kominfo

Kerja Sama dengan Media Sosial, Bawaslu Akan Takedown Berita HoaksKetua Bawaslu, Rahmat Bagja ketika memimpin Apel Siaga Pengawasan Pemilu 2024 Serentak Se-Indonesia pada Selasa, 14 Juni 2022. (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Namun, Bawaslu juga mengaku menemukan kesulitan ketika harus menindak aktor intelektual di balik tersebarnya berita bohong. Oleh sebab itu, pihaknya melakukan kerja sama dengan Cyber Crime Mabes Polri dan Kominfo.

"Ini yang susah. Tapi pasti kita akan melakukan kerja sama dengan lembaga kepolisian, Cyber Crime Mabes Polri biasanya sudah punya alatnya, atau kemudian teman-teman Kominfo," tutur dia.

Baca Juga: Bawaslu Buka Pendaftaran Pemantau Pemilu 2024, Ini Syarat-Syaratnya

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya