Comscore Tracker

Kesaksian Penggali Kubur Makam Tjahjo Kumolo: Saya Merasa Bangga!

Mengenal Tjahjo Kumolo dari media massa

Jakarta, IDN Times - Petugas penggali kubur Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Omat, mengaku bangga bisa memberikan penghormatan terakhir kepada Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB), Tjahjo Kumolo.

"Satu kebanggaan ya kita bisa menggali makam beliau. Terutama saya, untuk bisa kerja di sini juga sebuah kebanggaan," ujar Omat di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Jumat (1/7/2022).

1. Tahu Tjahjo Kumolo dari media massa

Kesaksian Penggali Kubur Makam Tjahjo Kumolo: Saya Merasa Bangga!Peti jenazah Tjahjo Kumolo di TMP Kalibata, Jakarta Selatan (IDN Times/Yosafat Diva)

Omat mengaku mengetahui sosok Tjahjo Kumolo selama ini dari sejumlah media massa saja. Namun hari ini, dia berkesempatan menggali peristirahatan terakhir tokoh nasional tersebut.

"Dulu cuma tahunya kan beliau ada di berita, majalah, tv, sekarang bisa langsung memakamkan. Pokoknya kebanggaan buat saya," ucap Omat.

Baca Juga: 10 Potret Kedatangan Peti Jenazah Tjahjo Kumolo di TMP Kalibata

Baca Juga: Bendera Merah Putih Setengah Tiang Berkibar di Kantor Tjahjo Kumolo

2. Penggalian makam Tjahjo Kumolo tak dibedakan

Kesaksian Penggali Kubur Makam Tjahjo Kumolo: Saya Merasa Bangga!Mensesneg Pratikno memimpin upacara pemakaman jenazah Tjahjo Kumolo (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Terkait prosesi penggalian makam, Omat menegaskan tak ada perbedaan dengan kuburan lainnya di TMP Kalibata.

Namun, dia mengaku sempat terkendala soal tekstur tanah yang keras, mengingat penggalian dilakukan saat siang hari.

"Ya alhamdulillah sih gak ada (kendala), sama aja. Cuma tadi kendalanya ya itu saja, mungkin kan emang dasaran atas tanahnya agak keras. Biasa kalau begitu pakai air," tutur Omat.

3. Penggalian dilaksanakan setelah salat Jumat

Kesaksian Penggali Kubur Makam Tjahjo Kumolo: Saya Merasa Bangga!Prosesi pemakaman jenazah Menteri PAN-RB, Tjahjo Kumolo di Taman Makam Pahlawan, Kalibata pada Jumat (1/7/2022). (IDN TImes/Yosafat Diva)

Omat menjelaskan, instruksi penggalian makam Tjahjo Kumolo dikabarkan sekitar jam 12.00 WIB. Hanya saja, penggalian tanah baru dilaksanakan setelah melaksanakan ibadah salat Jumat.

"Instruksi masuk, berita pemakaman itu sebelum Jumatan ya, berarti sekitar jam 12.00 atau 12.30. Kami mulai menggali selesai Jumatan, jadi Jumatan dulu, baru setelahnya  langsung menggali. Tendanya juga dibangun bareng dengan penggalian. Jadi kami menggali, yang lain pasang tenda," kata Omat.

Baca Juga: Legislator PDIP: Tjahjo Kumolo Tempat Bertanya Semua Orang

Baca Juga: Dipimpin Pratikno, Jenazah Tjahjo Kumolo Dimakamkan di TMP Kalibata

Topic:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya