Ketum PPP soal Kabar Reshuffle: Tanyakan ke Presiden

Reshuffle merupakan hak prerogatif presiden

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Suharso Monoarfa, angkat bicara soal kabar reshuffle kabinet. Dia menegaskan, terkait isu perombakan atau reshuffle kabinet yang santer akan dilakukan 15 Juni itu merupakan kewenangan Presiden Joko "Jokowi" Widodo.

Oleh sebab itu Suharso enggan bicara lebih jauh soal siapa menteri di kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin yang bakal diganti.

"Saya sampai hari ini, saya kira itu wilayahnya presiden, nanti tanya ke presiden," ujar Suharso di Kompleks Senayan, Jakarta Pusat, Senin (13/6/2022).

1. Soal perombakan kabinet jadi kewenangan Jokowi

Ketum PPP soal Kabar Reshuffle: Tanyakan ke Presiden(Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Ketika ditanya soal wacana reshuffle apakah akan diselenggarakan pada 15 Juni 2022 dan PPP bakal mendapatkan jatah kursi menteri, Suharso mengaku tidak mendengar isu tersebut.

Dia pun kembali menegaskan, tidak mengetahui kapan waktu yang dipilih Jokowi untuk mengumumkan reshuffle. Menurutnya, itu merupakan kewenangan presiden sebagai kepala negara.

"Saya gak mendengar itu, karena itu wilayah prerogatif presiden," kata Suharso.

Baca Juga: PAN soal Kabar Reshuffle Kabinet 15 Juni: Belum Ada Pemberitahuan

2. Ketum Golkar juga tak mengetahui kabar reshuffle

Ketum PPP soal Kabar Reshuffle: Tanyakan ke PresidenMenko Perekonomian Airlangga Hartarto (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Sementara itu, senada Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, enggan merespons isu adanya reshuffle kabinet pada Rabu (15/6/2022). Dia mengatakan, tak ada bocoran soal perombakan kabinet.

"Wah gak ada, kita gak ada, tidak ada bocoran," ujar Airlangga di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (13/6/2022).

Baca Juga: Ramai Isu Reshuffle, Waketum PKB Sindir Ada Menteri Suka Pencitraan

3. Isu Jokowi reshuffle pada 15 Juni

Ketum PPP soal Kabar Reshuffle: Tanyakan ke Presidenjawapos.com

Sebelumnya, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg), Pratikno, buka suara soal isu perombakan kabinet alias reshuffle pada 15 Juni 2022. Dia mengatakan, bila sudah waktunya, akan ada bocoran yang disampaikan.

"Nanti kalau sudah ada jadwal bocorin dikit-dikit," ujar Pratikno di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis, 2 Juni 2022.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya