Comscore Tracker

KPU Antisipasi Penumpukan Pendaftaran Parpol Hari Terakhir

Helpdesk KPU siap pantau dan antisipasi penumpukan

Jakarta, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI siap mengambil sejumlah langkah, apabila nantinya terjadi penumpukan pendaftaran partai politik (parpol) calon peserta Pemilu 2024 di hari terakhir.

Sebagaimana diketahui, tahapan pendaftaran parpol peserta pemilu digelar mulai 1 hingga 14 Agustus 2022 mendatang.

Baca Juga: Golkar, PAN, PPP, PSI Daftar ke KPU Rabu Pon, Tiru Kebiasaan Jokowi?

1. KPU pastikan layani pendaftaran parpol hingga hari terakhir

KPU Antisipasi Penumpukan Pendaftaran Parpol Hari TerakhirKantor KPU RI, Jakarta Pusat (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Anggota KPU RI Idham Holik memastikan, pihaknya bakal melayani seluruh parpol yang mendaftar hingga hari terakhir dibukanya pendaftaran.

"KPU mengedepankan antisipasi adanya penumpukan antrean pendaftaran pada hari terakhir, Minggu 14 Agustus 2022, tepatnya Minggu malam ya," ujar Idham dalam konferensi pers, Rabu (10/8/2022).

Baca Juga: Ruang Logistik KPU Kaltara Kebakaran, Diduga karena Korsleting Listrik

2. KPU aktif menginformasikan parpol soal jadwal pendaftaran

KPU Antisipasi Penumpukan Pendaftaran Parpol Hari TerakhirKantor KPU RI, Jakarta Pusat (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Idham mengatakan, KPU juga selalu aktif menyampaikan informasi kepada seluruh parpol, baik mereka yang sudah, maupun belum mendaftar.

Adapun antisipasi yang dilakukan ialah dengan menyampaikan surat pemberitahuan terkait jadwal yang bakal dipilih parpol untuk mendaftar. 

"Parpol yang belum menyampaikan surat pemberitahuan pendaftarannya kami konfirmasi, kapan mereka akan menyampaikan surat pemberitahuan karena kami harus agendakan segera," kata Idham.

Baca Juga: Mengalah dari Proyek Strategis, KPU Pasrah Anggaran Cuma Cair Rp3,69 T

3. KPU buka layanan helpdesk untuk jamin penginputan data Sipol

KPU Antisipasi Penumpukan Pendaftaran Parpol Hari TerakhirAnggota Bawaslu Lolly Suhenty mengunjungi helpdesk Sipol KPU (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Di samping itu, Idham menuturkan, KPU juga membuka layanan bantuan berupa helpdesk. Salah satu tugasnya ialah mengonfirmasi progres penginputan data Sipol.

"Helpdesk juga menyampaikan atau memberikan dan berupaya untuk bertanya tentang progres ya progres input data," ucap dia.

Kemudian setelah mengonfirmasi, helpdesk KPU juga berupaya memberikan dorongan secara berkala dan membantu parpol yang kesulitan saat mengisi Sipol.

"Helpdesk juga memberikan motivasi kepada operator admin akun Sipol agar secara intens dan memiliki progres yang cukup, baik dalam upaya menginput data, atau mengunggah data ke akun sipol karena pendaftaran partai politik itu kita menggunakan akun Sipol," tutur Idham.

Topic:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya