Comscore Tracker

Mahasiswa Ancam Gelar Demo Besar Kalau Jokowi dan Puan Tak Temui Massa

Mahasiswa siap ajak seluruh elemen masyarakat

Jakarta, IDN Times - Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UPN Veteran Jakarta, Bilal Sukarno, mengungkapkan dalam waktu dekat bakal ada aksi besar gabungan mahasiswa, buruh, dan sejumlah elemen masyarakat lainnya.

Oleh sebab itu, dia meminta kepada pemerintah, khususnya Presiden Joko "Jokowi" Widodo dan Ketua DPR RI Puan Maharani untuk memberanikan diri bertemu dengan rakyat secara langsung.

"Puan harus turun ke jalan, Puan harus dengarkan kita di sini. Ketika Puan turun pun kita tidak akan memberikan mik kepada Puan, kita hanya minta Puan mendengarkan kita. Begitu juga Presiden Jokowi kita harapkan hadir," kata Bilal kepada awak media saat mengikuti Aksi Sejuta Buruh, Rabu (10/8/2022).

Baca Juga: Ikut Demo Buruh, Mahasiswa Ancam Aksi Lebih Besar Robohkan Gedung DPR

1. Jokowi dan Puan diimbau temui massa secara langsung

Mahasiswa Ancam Gelar Demo Besar Kalau Jokowi dan Puan Tak Temui MassaIlustrasi mahasiswa. ANTARA FOTO/Idhad Zakaria

Bilal mengimbau, apabila nantinya Jokowi dan Puan tidak mau menemui massa demonstran, maka akan ada aksi yang lebih besar lagi.

"Jokowi dan Puan harus temui massa kalau tidak ingin seluruh mahasiswa, elemen gerakan rakyat bersatu mendesak mereka berdua," tutur dia.

Baca Juga: Massa Aksi Sejuta Buruh Tinggalkan Gedung DPR, Asap Dibiarkan Mengepul

2. Mahasiswa kecewa Puan tak menanggapi tuntutan

Mahasiswa Ancam Gelar Demo Besar Kalau Jokowi dan Puan Tak Temui MassaKetua DPR Puan Maharani (dok. Pribadi/Puan Maharani)

Dia juga menjelaskan alasan sejumlah mahasiswa mengikuti Aksi Sejuta Buruh. Menurut dia, sikap tersebut dipilih sebagai bentuk kekecewaan mereka lantaran Puan tidak menanggapi aksi demo mahasiswa beberapa waktu lalu.

"Kenapa kita turun hari ini (di Aksi Sejuta Buruh), karena puan tidak ada respons dari aksi-aksi yang dilakukan mahasiswa," ujar Bilal.

3. Mahasiswa siap gelar aksi besar yang mampu robohkan Gedung DPR

Mahasiswa Ancam Gelar Demo Besar Kalau Jokowi dan Puan Tak Temui MassaGedung MPR DPR RI (IDN Times/Marisa Safitri)

Bilal lantas mengatakan, pihaknya akan menggandeng seluruh elemen masyarakat, termasuk buruh dan mahasiswa baru. Dia memastikan, nantinya massa yang dibawa dengan kekuatan besar tersebut mampu merobohkan Gedung DPR/MPR RI.

"Nanti mungkin lintas sektor, mungkin bisa saja pekerja-pekerja nonpabrik, kita akan ajak mahasiswa baru yang sekarang lagi ospek akan kita ajak," kata dia.

"Tunggu saja, kalau misal tadi ditanya seberapa besar kekuatan kita. Kita akan pastikan jauh lebih besar, bahkan kita bisa saja akan merobohkan gedung ini kalau memang apa yang kita sampaikan tidak kunjung didengar," ujar Bilal.

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya