Comscore Tracker

NasDem Usul Usia Minimal Capres 21 Tahun, Pengamat: Khawatir Labil

Capres usia muda dinilai belum mampu kontrol emosi

Jakarta, IDN Times - Politikus Partai NasDem, Hillary Brigitta Lasut, mengusulkan agar syarat minimal usia calon presiden (capres) diturunkan menjadi 21 tahun. 

Terkait usulan tersebut, pengamat politik dari Citra Institute, Efriza khawatir, khawatir capres dengan usia 21 tahun masih belum bisa mengontrol emosi.

"Kalau membaca apa yang dimaksudkan oleh NasDem 21 tahun, saya melihat masih labil. Masih terlalu dini, walau dia punya pengalaman," ujar Efriza saat dihubungi IDN Times, Selasa (4/10/2022).

Baca Juga: Airlangga Komentari Langkah NasDem Umumkan Anies Jadi Capres 2024

1. Belajar dari pengalaman staf muda Jokowi

NasDem Usul Usia Minimal Capres 21 Tahun, Pengamat: Khawatir LabilAdamas Belva Syah Devara (Instagram/belvadevara)

Sebagai contoh, kata Efriza, dalam kasus staf khusus milenial Presiden Joko "Jokowi" Widodo, Belva Devara tiba-tiba mengundurkan diri.

Menurut dia, itu salah satu bukti labilnya tokoh dengan usia muda bila masuk ranah politik dan pemerintahan.

"Kalau kita lihat realitasnya yang kemarin di staf presiden Jokowi, itu kan banyak anak-anak muda yang ditarik oleh presiden Jokowi menjadi staf. Mereka berprestasi tapi nyatanya malah mengundurkan diri," ujar dia.

"Kita sudah dicoba anak-anak muda ditaruh, mereka ternyata masih darah muda, masih panas, masih emosional dan itu sudah dibuktikan dengan mundurnya staf presiden," sambung Efriza.

Baca Juga: Pengakuan Anies: Dulu Mendadak Jadi Cagub, Sekarang Mendadak Capres

2. Disarankan syarat minimal usia capres 30 tahun sesuai UU Kepemudaan

NasDem Usul Usia Minimal Capres 21 Tahun, Pengamat: Khawatir Labililustrasi capres dan cawapres (IDN Times/Aditya Pratama)

Efriza lantas mengatakan, bila nantinya syarat minimal usia capres diturunkan untuk menyasar golongan muda, maka dia mengusulkan menjadi 30 tahun. Hal itu sesuai dengan Pasal 1 angka 1 Undang-Undang Kepemudaan.

"Kalau seandainya kita mau mengambil syarat capres usianya minimal 40 itu cukup bijak. walaupun semestinya standarnya kalau untuk anak muda, bisa jangan 21 tahun, tapi bisa jadi 30, karena sesuai dengan perda kepemudaan maupun UU kepemudaan kalau ingin melihat peran anak muda," tutur dia.

Baca Juga: NasDem Usung Anies Jadi Capres 2024, Begini Respons Wagub DKI

3. Minimal usia capres 40 tahun dinilai ideal dan matang secara psikologis

NasDem Usul Usia Minimal Capres 21 Tahun, Pengamat: Khawatir Labililustrasi capres dan cawapres (IDN Times/Aditya Pratama)

Lebih lanjut, Efriza menjelaskan sebenarnya usia minimal capres 40 tahun sebagaimana yang diatur saat ini sudah ideal. Dia menilai usia tersebut secara psikologis sudah siap.

Dia juga membandingkan dengan anggota DPR RI yang berasal dari kalangan anak muda. Belakangan ini tak jarang di antara mereka yang justru tidak tampak mencolok, bahkan kerjanya dipertanyakan.

"Kita jangan lupakan juga, kalau di usia muda yang dikhawatirkan adalah pematangan terlalu dini yang dipaksakan karena identitas dari keluarga, kita tidak bisa politik keluarga kan. Banyak caleg muda yang terpilih di DPR, usianya usia muda, tapi hasilnya mana, tidak ada suaranya mereka," imbuh Efriza.

Sebagaimana diketahui, Politikus NasDem Hillary Brigitta Lasut sempat mengusulkan agar syarat minimal usia capres diturunkan menjadi 21 tahun. Dia menilai banyak sosok di atas 40 tahun yang tidak memiliki pengalaman tapi maju sebagai capres.

"Ada orang usai 40 tahun belum pernah ada pengalaman kerja dari manapun, baru turun dari gunung lalu nyapres, mungkin dia karena keturunan dari mana dia bisa jadi presiden. Tapi ada orang usia 21 tahun, 22 tahun tapi pengalaman kerja, organisasi, mungkin dia dulu mimpin mahasiswa jadi ketua BEM, penggerak reformasi," kata Hillary Brigitta, dalam diskusi di Jakarta Pusat, Sabtu (01/10).

Topic:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya