Comscore Tracker

Panitia Klaim Ada Pihak yang Mengancam Bubarkan Acara Reuni 212

Reuni 212 digelar mulai dini hari pukul 02.00 WIB

Jakarta, IDN Times - Reuni 212 bertema 'Munajat Akbar Indonesia Bersholawat' akan digelar di Masjid At-Tin, Jakarta Timur (Jaktim) pada besok, Jumat (2/12/2022).

Ketua Pelaksana Reuni 212, Abdul Qohar Al Qudsy, mengklaim ada sejumlah pihak yang mengganggu hingga mengancam membubarkan Reuni 212.

"Kami sangat menyesalkan masih ada sekelompok kecil yang secara sengaja dan sistematis, melakukan aksi-aksi ingin membatalkan kegiatan mulia ini," kata dia dalam keterangan tertulis, Kamis (1/12/2022).

Baca Juga: Masjid Al-Osmani, Masjid Tertua di Medan Simbol Awal Kerajaan Deli

1. Diancam hingga diprovokasi supaya tak menghadiri acara Reuni 212

Panitia Klaim Ada Pihak yang Mengancam Bubarkan Acara Reuni 212Konferensi pers Reuni 212 (dok Istimewa)

Abdul menjelaskan beberapa upaya dilakukan oleh pihak tak bertanggung jawab supaya Reuni 212 batal digelar, di antaranya mengancam, provokasi massa, hingga mempersulit izin acara.

"Seperti ada pernyataan yang mengancam dan provokatif terkait penolakan dan ajakan untuk tidak menghadiri acara ini, tidak mengijinkan tempat dan tak sedikit komentar-komentar negatif terutama di media sosial," ujar dia.

Baca Juga: Masjid Jami Al-Anwar, Masjid Tertua Saksi Penyebaran Islam di Lampung

2. Peserta Reuni 212 diminta tak terprovokasi dan tetap bersatu

Panitia Klaim Ada Pihak yang Mengancam Bubarkan Acara Reuni 212Suasana Aksi Reuni 212 pada Kamis (2/12/2021). (IDN TImes/Irfan Fathurohman)

Lebih lanjut Abdul meminta kepada peserta Reuni 212 agar tidak terpancing adanya upaya provokasi tersebut. Menurut dia, Reuni 212 merupakan kegiatan yang wajar di tengah iklim demokrasi.

"Jika tidak sependapat dengan kegiatan ini, karena dalam iklim demokrasi ini, tentu wajib menghargai perbedaan pendapat dan pandangan sepanjang tidak menyalahi aturan hukum dan provokatif," tutur dia. 

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Masjid Agung Cianjur, Masjid Tertua di Cianjur

3. Reuni 212 mulai digelar dini hari

Panitia Klaim Ada Pihak yang Mengancam Bubarkan Acara Reuni 212Suasana Aksi Reuni 212 pada Kamis (2/12/2021). (IDN TImes/Irfan Fathurohman)

Sementara itu, Penanggung Jawab Reuni 212 Yusuf Martak mengatakan, acara direncanakan akan mulai digelar sejak dini hari pukul 02.00 WIB, dimulai dengan salat tahajud.

"Acara pada hari Jumat (2/12), mulai pukul 02.00 WIB, yang dimulai dengan salat tahajud, hingga pukul 09.00 WIB. Bawa alat salat, pakai masker, jaga protokol kesehatan, dan diharapkan mengenakan pakaian putih," kata dia.

Yusuf memastikan, panitia acara saat ini terus berkoordinasi demi terselenggaranya acara Reuni Mujahid 212. Saat ini, persiapan acara sendiri sudah hampir rampung.

Dia menjelaskan, terkait masalahan perizinan, panitia 212 saat ini sudah mengantongi izin dari sejumlah pihak terkait, termasuk aparat kepolisian.

"Alhamdulillah, hingga kini persiapan panitia Reuni Mujahid 212 dengan mengusung tema Munajat Akbar dan Indonesia Bershalawat untuk Keselamatan NKRI hampir mencapai 90 persen. Sejumlah pemberitahuan dan perizinan telah dikantongi panitia," ucap dia.

Baca Juga: Massa PA 212 dan FPI Demo 411 Mulai Berdatangan ke Patung Kuda

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya