Partai Buruh: Kalau Tak Lolos Verifikasi, Ada yang Salah di KPU

Partai Buruh klaim siap hadapi verifikasi faktual

Jakarta, IDN Times - Ketua Tim Pemenangan Partai Buruh, Said Salahudin, optimistis partainya bisa lolos tahapan verifikasi administrasi calon peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Dia menjelaskan, rekapitulasi hasil tahapan verifikasi administrasi bakal diumumkan pada 14 Oktober 2022. Nantinya, rekapitulasi itu akan menghasilkan keputusan berupa lolos atau tidaknya sebuah partai untuk melanjutkan ke tahap berikutnya, yakni verifikasi faktual.

"Pilihannya ada dua, pertama tidak lolos verifikasi administrasi. Kedua, lolos verifikasi administrasi dan secara otomatis diikutsertakan dalam verifikasi faktual," kata Said Salahudin saat orasi di atas mobil komando, Patung Kuda, Jakarta Pusat, Rabu (12/10/2022).

"Kalau Partai Buruh sampai tidak lolos verifikasi administrasi, itu artinya ada yang salah dari KPU RI. Jadi kalau sampai opsi pertama yang terjadi, ada yang salah dari KPU RI," sambung dia.

Baca Juga: Partai Gelora dan Partai Buruh Tak Masuk  Sipol KPU Kulon Progo

1. Partai Buruh yakin lolos tahapan verifikasi administrasi

Partai Buruh: Kalau Tak Lolos Verifikasi, Ada yang Salah di KPUKetua Tim Pemenangan Partai Buruh Said Salahudin (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Said Salahudin mengatakan, pihaknya meyakini Partai Buruh bakal lolos verifikasi administrasi.

Dia menilai, apabila partai buruh tidak lolos tahapan verifikasi maka ada sesuatu yang salah dengan KPU.

"Tidak ada kamus, tidak ada cerita untuk opsi pertama. Partai buruh akan lolos verifikasi administrasi," ujar dia di hadapan massa.

Baca Juga: Partai Buruh Laporkan KPU ke Bawaslu, Hasyim: KPU Langgar Aturan Apa?

2. Seluruh syarat sudah dipenuhi Partai Buruh

Partai Buruh: Kalau Tak Lolos Verifikasi, Ada yang Salah di KPULambang Partai Buruh (dok Partai Buruh)

Dia juga memastikan, Partai Buruh sudah melengkapi syarat tahapan verifikasi administrasi sebagaimana yang diatur dalam Peraturan KPU (PKPU).

"Kita yakin, seluruh syarat yang ditentukan oleh Undang-Undang, kita dapat memenuhi. Jadi sekali lagi, mindset kita hanya satu, Partai Buruh akan diumumkan lolos verifikasi administrasi," kata dia.

Baca Juga: Said Iqbal: Satu Elite Partai Buruh Terdaftar di Sipol Parpol Lain

3. Partai Buruh siap hadapi verifikasi faktual

Partai Buruh: Kalau Tak Lolos Verifikasi, Ada yang Salah di KPUKantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Jakarta Pusat (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Lebih lanjut, Said Salahudin menuturkan, pihaknya siap menghadapi verifikasi faktual yang mulai digelar sehari setelah rekapitulasi hasil verifikasi administrasi.

"Setelah kita dinyatakan lolos verifikasi administrasi tanggal 14, maka tanggal 15 langsung dilaksanakan verifikasi faktual. Waktunya sampai tanggal 14 Desember. Berarti dua bulan adalah fase di mana kita betul-betul harus menyiapkan proses secara fix di lapangan, itulah verifikasi faktual," ucap dia.

Baca Juga: Partai Buruh Kritik KPU, Jarang Sosialisasi ke Parpol Peserta Pemilu

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya