Partai Buruh: Said Iqbal Jadi Presiden, Rakyat Bebas Demo

Partai Buruh ajak pendukungnya memenangkan Pemilu 2024

Jakarta, IDN Times - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Buruh Ferri Nuzarli mengatakan, jika Said Iqbal terpilih jadi Presiden RI maka rakyat bebas menggelar demo tanpa dihalangi oleh aparat kepolisian.

Pernyataan itu disampaikan Ferri dalam orasi di atas mobil komando saat buruh menggelar aksi demo di kawasan Patung Kuda Monas, Jakarta Pusat, Rabu (12/10/2022).

Diketahui, Said Iqbal merupakan Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) sekaligus pemimpin Partai Buruh.

Baca Juga: Demo di Patung Kuda, Buruh Minta Menteri Tak Ancam Rakyat soal Resesi

1. Rakyat bebas sampaikan aspirasi

Partai Buruh: Said Iqbal Jadi Presiden, Rakyat Bebas DemoMassa buruh melakukan demo menuntut kenaikan UMP 2022 pada Rabu (8/12/2021). (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Ferri menegaskan, jika Partai Buruh berkuasa di pemerintahan maka masyarakat dibebaskan untuk menyampaikan aspirasi. Bahkan tidak perlu repot-repot pakai mobil komando dan aparat kepolisian tak perlu berjaga.

“Kalau Presiden Said Iqbal menjadi Presiden RI, gak perlu mokom (mobil komando) ini, dijual saja. Polisi-polisi suruh tidur, gak usah blokir-blokir (jalan demo). Mau naik upah? Berapa, 20 persen? Naikin,” ujar Ferri.

Baca Juga: Manusia Silver Bawa "Beban Rakyat" Ramaikan Demo Buruh di Patung Kuda

2. Perjuangan buruh tamat bila kalah di 2024

Partai Buruh: Said Iqbal Jadi Presiden, Rakyat Bebas DemoIlustrasi Pemilu (IDN Times/Arief Rahmat)

Ferri lantas menegaskan, jika Partai Buruh gagal dalam kontestasi pemilu mendatang, maka perjuangan Partai Buruh bakal terhenti. 

Bahkan dia juga sangat menyayangkan jika Partai Buruh kalah dalam pemilu akibat tidak adanya kesadaran dari kaum pekerja mendukung pergerakan.

“Kalau gagal, dikubur seumur hidup, Partai Buruh tidak akan berdiri lagi. Selesai, tamat riwayat partai kalau memang Partai Buruh kalah,” ucap dia.

“Dengar omongan saya. Kalau Partai Buruh kalah karena tidak ada kesadarann kawan-kawan sebagai kelas pekerja, dipastikan Partai Buruh akan kita kubur,” sambung Ferri.

Baca Juga: Demo di Monas, Mahasiswa Papua Minta Lukas Enembe Serahkan Diri ke KPK

3. Partai Buruh pastikan orasi Said Iqbal jadi Presiden RI bukan kampanye dini

Partai Buruh: Said Iqbal Jadi Presiden, Rakyat Bebas DemoPresiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) dan Partai Buruh, Said Iqbal (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Lebih lanjut Ferri mengatakan kepada massa buruh, bahwa tidak ada alasan untuk tidak mendukung dan memilih Partai Buruh.

Mengingat saat ini banyak status buruh yang tidak jelas, bahkan angka pekerja outsourcing mencapai 90 persen.

“Realita hidup kita seperti ini kawan-kawan, juga di pabrik saya yakin persentase outsourcing TKWT mungkin sudah 90 persen dari pekerja tetap. Masa sudah jelas TKWT, sudah jelas-jelas outsourcing, upahnya minimun seumur hidup, masih enggak memilih Partai Buruh,” tutur Ferrii.

Saat ditemui usai orasi, Ferri memastikan, pernyataannya itu bukan aktivitas kampanye. Melainkan murni menyampaikan aspirasi.

“Bukan kampanye, ini kan aksi, dalam rangka menyampaikan aspirasi bersama Partai Buruh,” imbuh dia.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya