Pemerintah akan Beri Pelatihan Keterampilan Warga Lokal IKN 

Pemerintah tak ingin hanya bangun fasilitas fisik

Jakarta, IDN Times - Kepala otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Bambang Susantono memastikan pemerintah akan memberikan sejumlah pelatihan keterampilan bagi warga sekitar IKN.

"Kita pada saat ini juga mempersiapkan saudara-saudara kita, penduduk lokal yang berada di daerah sekitar IKN juga ada beberapa training ataupun istilahnya pelatihan-pelatihan," ujar Bambang dalam konferensi pers yang disiarkan melalui YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (20/7/2022).

1. Pelatihan warga setempat bakal gandeng LSM, BUMN, hingga akademisi

Pemerintah akan Beri Pelatihan Keterampilan Warga Lokal IKN Desain pemenang Sayembara Konsep Perancangan Kawasan dan Bangunan Gedung di IKN Nusantara. (dok. Kementerian PUPR)

Dalam pelatihan masyarakat yang diselenggarakan, pemerintah bakal berkerja sama dengan berbagai pihak, seperti Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), Badan Usaha Milik Negara (BUMN), hingga akademisi.

"Kami bekerja sama dengan elemen masyarakat apakah itu LSM, apakah itu akademisi, apakah itu CSR beberapa BUMN atau perusahaan untuk reskilling dan upskilling," jelas Bambang.

Baca Juga: Bahlil Klaim Banyak Negara Ingin Investasi di IKN Nusantara

2. Pemerintah ingin warga setempat aktif dalam pembangunan IKN Nusantara

Pemerintah akan Beri Pelatihan Keterampilan Warga Lokal IKN Kompas.com

Targetnya, kata Bambang, dia berharap pemerintah bisa menjawab segala kebutuhan yang dibutuhkan oleh masyarakat setempat. Mengingat kualitas SDM juga jadi salah satu fokus pembangunan IKN.

"Para saudara-saudara kita yang sekarang ini sudah mungkin di kawasan IKN sehingga nantinya mereka akan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari pembangunan IKN itu sendiri," ujar dia.

Bambang memaparkan, adapun pelatihan tersebut di antaranya, membuat kue, menjahit, mengelola keuangan, hingga konstruksi.

"Pelatihan-pelatihan itu banyak sekali. Ada pelatihan untuk membuat kue misalnya, ada pelatihan menjahit, ada pelatihan bagaimana nanti mengelola keuangan dan juga tentu pelatihan-pelatihan yang berhubungan dengan konstruksi," ucap dia.

Baca Juga: Kepala Otorita IKN Berharap Masyarakat Ikut Urun Rembuk Biayai IKN

3. Pembangunan mulai dilakukan bulan depan

Pemerintah akan Beri Pelatihan Keterampilan Warga Lokal IKN Prinsip ketujuh pembangunan IKN adalah kenyamanan dan efisiensi melalui teknologi. (Dok. IKN)

Bambang pun memastikan pembangunan IKN bakal mulai dilaksanakan pada bulan depan atau tepatnya Agustus 2022.

Tahapan pembangunan IKN ini mulai dikerjakan usai menggelar rapat dengan Presiden Joko "Jokowi" Widodo dan sejumlah menteri lainnya.

"IKN ini akan segera dibangun terutama pada bulan Agustus mendatang, di mana pekerjaan-pekerjaan infrastruktur dan bangunan-bangunan inti akan mulai dipersiapkan," ujar Bambang.

Bambang menuturkan pemerintah juga mulai melakukan jajak minat pasar atau market sounding ke perusahaan dan masyarakat untuk membangun sejumlah fasilitas di IKN Nusantara. 

Persiapan ini dilakukan bersamaan dengan pembangunan fasilitas penunjang. Bambang memastikan pihaknya siap menampung sejumlah minat dari pihak yang ingin berpartisipasi mengelola pembangunan fasilitas utama. Di antaranya, kesehatan, pendidikan dan kebutuhan sehari-hari di kawasan 1A IKN, atau Kawasan Inti Pusat Pemerintahan IKN.

"Di samping infrastruktur dan bangunan-bangunan inti, kami akan mulai melakukan jajak pasar ataupun market sounding untuk menampung beberapa beberapa interest, beberapa keinginan beberapa pihak dari elemen-elemen masyarakat yang ingin berpartisipasi dalam pembangunan IKN," kata Bambang.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya