Pemerintah Suntik Dana Parpol ke PDIP Senilai Rp27 Miliar

Dana parpol ditandatangani langsung oleh Megawati

Jakarta, IDN Times - Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri Bahtiar menyerahkan bantuan pemerintah kepada PDI Perjuangan (PDIP) sebesar Rp27 miliar.

Penyerahan simbolis bantuan pemerintah itu dilakukan di sela-sela sambutan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri di Rakernas ll PDIP, di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Selasa (21/6/2022).

Baca Juga: Daftar Parpol Penerima Suntikan Dana dari Pemerintah Provinsi Bali 

1. Disambut Megawati dan Hasto

Pemerintah Suntik Dana Parpol ke PDIP Senilai Rp27 Miliar

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menyambut langsung kedatangan Bahtiar. Kemudian dia bersama Bendaraha Umum Olly Dondokambey dan Megawati menandatangani dokumen serah terima bantuan tersebut.

Terjadi percakapan ringan di antara Megawati, Olly dan Bahtiar. Peserta Rakernas lantas bertepuk tangan saat Olly mengatakan bantuan dana kali ini lebih besar dari yang diterima sebelumnya.

Baca Juga: Megawati Ingatkan Kader PDIP Tak Terbius Hasil Survei

2. Rakernas digelar tertutup

Pemerintah Suntik Dana Parpol ke PDIP Senilai Rp27 MiliarKetum PDIP, Megawati Soekarnoputri di acara Rakernas PDIP pada Selasa (21/6/2022). (dok. PDIP)

Sebagai informasi, Rakernas PDIP kali ini digelar tertutup dan membahas mengenai agenda penerimaan laporan Dewan Pimpinan Luar Negeri (DPLN) antara lain perwakilan Asia, Afrika, Eropa dan Australia.

"Ada hal yang baru dalam Rakernas II Partai yaitu mendengarkan laporan Dewan Pimpinan Partai Luar Negeri (DPLN) dari lima benua: Eropa, Australia, Eropa, Afrika dan Amerika Serikat," kata Hasto sebelum mempersilahkan perwakilan berbicara.

"Seluruh pengurus DPLN PDI Perjuangan menyampaikan program pemenangan di luar negeri dan komitmen untuk membangun kerjasama politik global," ujar Hasto, menambahkan.

Baca Juga: Megawati Jengkel PDIP Disebut Sombong hingga Dituduh Hina Ketum Lain

3. PDIP bakal umumkan capres dan cawapres di rakernas

Pemerintah Suntik Dana Parpol ke PDIP Senilai Rp27 MiliarIlustrasi Pemilu (IDN Times/Mardya Shakti)

Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan (PDIP), Puan Maharani, memastikan pihaknya akan mengumumkan nama calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) yang bakal diusung pada Pemilu 2024.

Daftar nama-nama capres akan menjadi salah satu agenda pembahasan dalam Rapat Kerja Nasional (rakernas) PDIP yang akan dilaksanakan mulai hari ini, Selasa-Kamis (21-23/6/2022). 

Puan memastikan, sebagai partai pemegang kursi terbanyak di parlemen, nama yang bakal diusung di 2024 menjadi agenda penting untuk dibahas.

"Partai yang saat ini punya kursi cukup, pastinya akan bicara juga terkait dengan masalah-masalah penting untuk bangsa dan negara," ujar Puan kepada awak media di sekolah PDIP, Jakarta Selatan, Senin (20/6/2022), malam.

"Salah satunya ya nama-nama, mungkin calon-calon yang dianggap punya potensi untuk maju di 2024," kata dia.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya