Comscore Tracker

Pilgub Jateng 2024, Pengamat: Gibran Tidur Saja Pasti Menang

Secara kekuatan politik Gibran unggul di Jateng

Jakarta, IDN Times - Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno menilai Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memiliki peluang besar memenangkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Tengah (Jateng) 2024.

Bahkan, menurut Adi, Gibran berpeluangmeraih kemenangan mutlak di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah. Sebaliknya, di Pilgub DKI Jakarta, Gibran harus bekerja keras untuk bisa menang.

1. Nama Gibran mulai muncul di DKI Jakarta dan Jateng

Pilgub Jateng 2024, Pengamat: Gibran Tidur Saja Pasti MenangMonumen Nasional (IDN Times/Besse Fadhilah)

Pihaknya menjelaskan pernyataan tersebut didukung survei miliknya yang menunjukkan nama Gibran mulai muncul di dua wilayah, yakni DKI Jakarta dan Jateng.

"Saya melihatnya ya, Mas Gibran mau bertanding di Jakarta atau tidur saja di Jateng. Pilihan yang sebenarnya sangat rasional dan sangat transparan. Kalau di Jateng, Gibran ini tidur saja pasti menang," kata Adi dalam acara diskusi Total Politik, di Warung Jati Timur Raya, Jakarta Selatan, Sabtu (25/6/2022).

Baca Juga: Bambang Pacul: Tugas Saya Bikin Gibran Menang di Pilgub!

2. Elektabilitas Gibran di Jateng dinilai cukup tinggi

Pilgub Jateng 2024, Pengamat: Gibran Tidur Saja Pasti MenangPutra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka. ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Adi melihat elektabilitas Gibran pada Pilgub Jateng dinilai cukup tinggi. Bahkan saat ini elektabilitas Gibran di Pilgub Jateng mencapai 28,5 persen dengan popularitas 76 persen.

"Coba bayangin, ini belum paripurna sebagai Wali Kota, popularitasnya sudah 76 persen. Elektabilitasnya secara tertutup itu sudah 28 persen. Itu disaat Gibran belum mengasosiasikan dirinya," ujar dia.

Lebih lanjut, Gibran juga dianggap memiliki kelebihan dalam karier politiknya. Di antaranya, status Gibran sebagai putra sulung Presiden Joko Widodo, kader PDIP yang punya basis besar di Jawa Tengah, dan jabatannya sebagai Wali Kota Solo. 

Adi memaparkan, di Pilgub DKI sendiri mengatakan popularitas Gibran mampu sejajar dengan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. 

3. Elektabilitas Gibran di DKI masih kalah dari Ahok dan Risma

Pilgub Jateng 2024, Pengamat: Gibran Tidur Saja Pasti MenangMensos Tri Rismaharini di Sekolah Partai DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan. (IDN Times/Yosafat Diva)

Kendati demikian, elektabilitasnya di DKI masih terbilang rendah karena harus bersaing dengan nama-nama besar seperti Basuki Tjahaja Purnama dan Tri Rismaharini.

Namun menariknya, kata Adi, Gibran kalau diproyeksikan sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta, dia ada di posisi kedua.

"Kalau dilihat dari elektabliltas (Gibran) memang rendah, karena dia harus bersaing dengan nama-nama besar, ada Ahok dan Risma. Menariknya, Gibran kalau diproyeksikan menjadi Wakil Gubernur DKI, dia ranking dua," katanya.

Baca Juga: Nama Gibran dan Risma Mencuat Jadi Cagub DKI, PDIP Siap Colek Megawati

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya