PKS Resmi Dukung Anies, SKI: Jawaban dari Doa Rakyat!

PKS, Demokrat, NasDem resmi bentuk Koalisi Perubahan

Jakarta, IDN Times - Relawan pendukung Anies Baswedan yang tergabung dalam Sekretariat Kolaborasi Indonesia (SKI) menanggapi terkait keputusan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang secara resmi menyatakan dukungan kepada Anies sebagai Calon Presiden (Capres) 2024. 

Masuknya PKS ke gerbong Koalisi Perubahan menjadikan Anies sebagai bakal capres (bacapres) pertama yang memenuhi ambang batas presiden.

Baca Juga: Gerindra: Perjanjian Anies dan Prabowo di 2017 Tak Mengikat

1. Koalisi Perubahan dinilai sebagai doa dari rakyat

PKS Resmi Dukung Anies, SKI: Jawaban dari Doa Rakyat!Anies Baswedan melakukan safari politik ke Tanah Papua pada Kamis (8/12/2022). (instagram.com/aniesbaswedan)

Pendamping Sekretariat Kolaborasi Indonesia (SKI) Jawa Barat, Solihin Nurodin mengatakan, terbentuknya Koalisi Perubahan tersebut merupakan harapan dari doa rakyat Indonesia yang menginginkan Anies maju di Pilpres 2024. 

”Keputusan PKS, Nasdem dan Demokrat untuk mencapreskan Pak Anies merupakan jawaban atas doa masyarakat yang menginginkan terjadinya perbaikan dan perubahan secara demokratis di negeri ini,” ucap dia dalam keterangan kepada IDN Times, Selasa (31/1/2023).

Solihin mengaku gembira atas keputusan PKS bergabung koalisi dengan NasDem dan Demokrat. Oleh sebabnya, dia mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mewujudkan cita-cita kemerdekaan dengan mengedepankan prinsip adil dan adil. Menurut dia, hal itu sesuai dengan visi dan misi Koalisi Perubahan.

"Kami gembira PKS akhirnya menyusul deklarasi NasDem dan Demokrat. Kami mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk turut serta dalam perjuangan mewujudkan cita-cita kemerdekaan, membangun masyarakat yang adil dan makmur serta berkeadilan sosial," ujar dia.

Baca Juga: AHY Sebut Cawapres Diserahkan ke Anies, Tak Boleh Kawin Paksa

2. Koalisi Perubahan diharapkan segera bentuk sekber di daerah

PKS Resmi Dukung Anies, SKI: Jawaban dari Doa Rakyat!Momen ketika Nasional Demokrat mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai capres untuk dimajukan saat pemilu 2024 pada 3 Oktober 2022. (www.instagram.com/@aniesbaswedan)

Solihin pun berharap, partai-partai pengusung Anies segera sepakat membentuk Sekretariat Bersama (Sekber) Koalisi Perubahan sebagai wadah konsolidasi antar parpol dan kelompok-kelompok masyarakat yang mendukung adanya perubahan.

”Perubahan adalah keniscayaan. Karena itu, kami menyerukan pada teman-teman yang belum bergabung; ayo ikut gerbong perubahan," imbuh dia.

Baca Juga: Besok Ada Reshuffle Kabinet? Pengamat: Buntut Deklarasi Anies Baswedan

3. PKS gabung Koalisi Perubahan

PKS Resmi Dukung Anies, SKI: Jawaban dari Doa Rakyat!Ilustrasi - Presiden PKS Ahmad Syaikhu bersama pengurus DPP PKS. (Dok PKS)

Pada Senin (30/1/2023), Partai Keadilan Sejahtera (PKS) resmi mengumumkan dukungannya pada Anies.

Dengan adanya dukungan dari PKS, Anies telah mengantongi tiket emas untuk maju sebagai capres pada Pilpres 2024. Suara gabungan dari PKS, Partai Nasional Demokrat (NasDem) dan Partai Demokrat telah melewati presidential treshold 20 persen. 

Untuk mendengar kepastian dukungan dari PKS, tim kecil koalisi sampai harus terbang ke Istanbul, Turki, menemui Ketua Majelis Syuro, Salim Segaf Al-Jufri dan Presiden PKS, Ahmad Syaikhu.

Perwakilan tim kecil, Sudirman Said, menjelaskan mereka terbang ke Istanbul untuk meminta pandangan dari petinggi PKS. Pertemuan dilakukan di Istanbul karena kedua petinggi PKS itu sedang menjalankan tugas yang dilanjutkan dengan ibadah umrah. 

"Pertama, kami semua bersyukur satu per satu dukungan dari partai politik resmi diputuskan. Ini adalah wujud tidak hanya dukungan kepada Pak Anies, tetapi juga wujud kepercayaan besar dan harapan akan hadirnya perubahan yang dinantikan oleh orang banyak," ungkap dia di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Senin malam. 

Ia menyebut semua pihak yang tergabung dalam Koalisi Perubahan berbesar hati karena Anies menjadi bakal capres yang kali pertama mendapatkan dukungan resmi dalam jumlah yang cukup.

"Ini artinya, bahtera perjuangan Koalisi Perubahan segera bersiap untuk berlayar dan menempuh berbagai tantangan," tutur Sudirman. 

Sudirman menjelaskan usai resmi tercapai kesepakatan ketiga parpol, maka dalam waktu dekat para pimpinan parpol akan bertemu. Mereka bakal menyusun dan menyepakati piagam koalisi. 

"Insyaallah dalam waktu dekat akan dilakukan deklarasi bersama seluruh parpol pendukung Pak Anies Baswedan," katanya. 

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya