Prabowo Singgung Kader yang Merongrong dari Dalam, buat Sandiaga?

Sandiaga sempat diisukan pindah ke PPP

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menyinggung soal adanya kader yang tidak ingin mengikuti arahan partai. Bahkan kadernya itu membuat gerakan sendiri.

Sebagaimana diketahui, Wakil Ketua Dewan Pembina Gerindra, Sandiaga Uno, beberapa kali disindir sejumlah elite Gerindra lantaran disebut tak patuh arahan partai. Bahkan dia juga diisukan gabung PPP.

Isu itu semakin menguat ketika Sandiaga tak hadir di sejumlah acara Gerindra. Dia terpantau baru hadir ketika Gerindra meresmikan sekber dengan PBB.

Disebutkan, perbedaan pendapat dalam Gerindra merupakan sesuatu yang wajar sehingga tidak perlu jadi polemik berkepanjangan. Namun, begitu keputusan sudah diambil, maka semua kader harus menaati. 

"Ada suatu pengalaman saya puluhan tahun di tentara, percayalah pada pimpinan. Kalau kau tidak bisa percaya, kau berhenti mengundurkan diri. Jangan mau dimpimpin oleh orang yang tidak kau percaya. Begitu simpel," kata Prabowo dalam pidato acara HUT ke-15 Gerindra di Kantor DPP Partai Gerindra, Ragunan, Jakarta Selatan, Senin (6/2/2023).

Baca Juga: Gerindra Akui Kerap Dibully Gegara Prabowo Gabung Kabinet Jokowi

1. Prabowo singgung kader yang tak patuh arahan

Prabowo Singgung Kader yang Merongrong dari Dalam, buat Sandiaga?Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto hadiri acara Hari Ulang Tahun (HUT) Gerindra ke-15 di Kantor DPP Partai Gerindra, Ragunan, Jakarta Selatan. (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa

Dia lantas mengibaratkan, kesetiaan kader seperti bepergian menggunakan transportasi umum. Prabowo menerangkan, apabila kita naik pesawat, maka harus mempercayai pilot yang menjalankan pesawatnya.

"Kalau di atas kapal, harus percaya pada nahkoda. Kalau tidak percaya, cepat lompat. Kalau naik pesawat, percaya pilot. Kalau tidak ngapain naik pesawat itu. Goblok kau naik pesawat itu, ngapain?" ujar Prabowo.

Menteri Pertahanan (Menhan) itu juga berharap jangan sampai ada kader yang tidak sejalan dengan pemimpin, lantas membuat gaduh di internal partai. Menurutnya, sikap tersebut justru merugikan seluruh kader.

"Jangan pula nahkoda mau mengarahkan kapal, kau rongrong dari samping. Ganggu dari kiri kanan, itu tidak baik dan tidak benar. Itu bahayakan seluruh di atas kapal," tutur dia.

Baca Juga: Profil dan Sejarah Partai Gerindra, Fadli Zon Punya Andil Besar

2. Prabowo diteriaki soal cawapres

Prabowo Singgung Kader yang Merongrong dari Dalam, buat Sandiaga?Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto di Kantor Pemenangan Presiden, Jakarta Barat (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Dalam kesempatan yang sama, ada momen yang cukup unik di mana saat Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto berpidato, kemudian diteriaki soal sosok cawapres.

"Cawapres Pak," kata seseorang yang hadir dalam acara tersebut.

Menanggapi teriakan itu, Prabowo lantas tertawa dan mengatakan bahwa penentuan sosok cawapres masih lama. Dia pun mengimbau agar publik bersabar.

"Masih lama, tenang saja," ujar Prabowo dibalas tawa kader.

Selain itu, pria yang saat ini menjabat sebagai Menteri Pertahanan (Menhan) itu juga mengaku belum tahu cawapresnya.

"Jangankan kalian, saya pun belum tahu siapa cawapresnya," ucap dia.

Baca Juga: HUT Gerindra ke-15, Jokowi: Dukungan Gerindra Sangat Bantu Pemerintah

3. Sandiaga hadir di acara HUT Gerindra

Prabowo Singgung Kader yang Merongrong dari Dalam, buat Sandiaga?Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra di acara Hari Ulang Tahun (HUT) di Kantor DPP Partai Gerindra, Ragunan, Jakarta Selatan. (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Pantauan IDN Times di lokasi, Prabowo bersama rombongan tiba sekitar pukul 09.10 WIB.

Dalam kesempatan itu, rombongan elite parpol berlambang burung garuda tersebut langsung disapa kader. Kemudian tampak pula Sandiaga berbincang dengan Hashim Djojohadikusumo.

Kehadiran Sandiaga langsung jadi sorotan kader dan masyakarat sekitar. Dia dengan ramah menyapa orang-orang yang memanggil namanya. Sandiaga datang tanpa pengawalan ketat. 

Tak lama kemudian Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) itu langsung dikerubungi emak-emak yang hadir di lokasi.

Topik:

  • Sunariyah
  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya