Comscore Tracker

Profil Raja Juli Antoni, Kader PSI yang Bakal Jadi Wakil Menteri ATR

Dikenal sebagai politikus muda

Jakarta, IDN Times - Sekretaris Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Raja Juli Antoni diisukan bakal jadi Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).

Isu tersebut menguat usai Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil dan Raja Juli dipanggil Presiden Jokowi ke Istana Negara, pada Selasa (14/6/2022).

Pemanggilan keduanya semakin memperkuat isu adanya perombakan atau reshuffle Kabinet Indonesia Maju, yang disebut berlangsung hari ini, Rabu (15/6/2022). Dihimpun dari berbagai sumber, berikut profil Raja Juli Antoni.

Baca Juga: Bakal Jadi Menteri ATR, Ini Profil Eks Panglima TNI Hadi Tjahjanto

1. Dikenal sebagai politikus muda

Profil Raja Juli Antoni, Kader PSI yang Bakal Jadi Wakil Menteri ATRIDN Times/Margith Juita Damanik

Raja Juli Antoni dikenal sebagai politikus dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Dia kerap diundang ke berbagai acara diskusi politik di sejumlah media nasional.

Pria yang lahir pada 13 Juli 1977 di Pekanbaru ini juga dikenal sebagai politikus muda di Indonesia. Dia dikenal sebagai salah satu elite PSI, yang didirikan oleh Grace Natalie.

2. Pendidikan Raja Juli Antoni, dari UIN hingga Inggris

Profil Raja Juli Antoni, Kader PSI yang Bakal Jadi Wakil Menteri ATRIDN Times/Margith Juita Damanik

Raja Juli Antoni sendiri menempuh pendidikan di berbagai perguruan tinggi nasional maupun internasional. Di Indonesia, Raja Juli Antoni menempuh pendidikan di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) yang sekarang sudah berubah menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta, dan lulus pada 2001.

Kemudian mendapat beasiswa melanjutkan pendidikan pasca sarjana alias S2 di The Department of Peace Studies, The University of Bradford, Inggris. Pendidikan terakhirnya mendapat beasiswa dan lulus sebagai Doctoral di School of Political Science and International Studies, The University of Queensland, Australia.

3. Karier politik Raja Juli Antoni

Profil Raja Juli Antoni, Kader PSI yang Bakal Jadi Wakil Menteri ATRSekretaris Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Raja Juli Antoni (Dok Wikipedia)

Perjalanan karier politik Raja Juli Antoni bisa dilihat dari rekam jejaknya yang pernah menduduki beberapa posisi sebagai berikut:

  • Mantan Ketua Umum PP Ikatan Pelajar Mahasiswa (IPM)
  • Direktur Eksekutif Maarif Institute
  • Calon anggota legislatif untuk Pemilihan Umum Legislatif 2009 dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) untuk Daerah Pemilihan Jawa Barat IX (Kabupaten Subang, Sumedang, dan Majalengka)
  • Calon Ketua Umum PP Muhammadiyah periode 2015-2020, mengundurkan diri karena ingin berkonsentrasi sebagai Sekretaris Jenderal Partai Solidaritas Indonesia (PSI)
  • Selain itu, Raja Juli juga aktif menulis di berbagai media nasional.

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya