Comscore Tracker

Profil Rieke Diah Pitaloka, dari Si Oneng Jadi Politikus Ternama PDIP

Rieke jadi salah satu pembicara di IMGS 2022 by IDN Times

Jakarta, IDN Times - Politikus PDIP Rieke Diah Pitaloka, merupakan salah satu artis yang sukses di panggung politik. Terhitung dia telah menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI) sejak 2009.

Rieke mulai dikenal publik ketika masuk ke dunia seni peran. Aktingnya yang membintangi serial komedi Bajaj Bajuri dan memerankan tokoh Oneng pada 2002, membuat namanya semakin melambung.

Selama memerankan tokoh Oneng, ibu rumah tangga yang sangat lugu dan berpendidikan rendah, tak banyak yang menyangka Rieke Diah Pitaloka ternyata bakal sukses di panggung politik Tanah Air. Yuk simak terlebih dahulu profil Rieke Diah Pitaloka berikut ini hanya di IDN Times ya. 

Baca Juga: Profil Reini Wirahadikusumah, Rektor ITB Peraih Segudang Prestasi 

1. Alumni Universitas Indonesia

Profil Rieke Diah Pitaloka, dari Si Oneng Jadi Politikus Ternama PDIPIlustrasi Pendidikan (IDN Times/Arief Rahmat)

Perempuan bernama lengkap Rieke Diah Pitaloka Intan Purnamasari ini lahir di Garut, Jawa Barat pada 8 Januari 1974. Dia menyelesaikan pendidikan S-1 di Universitas Indonesia jurusan Sastra Belanda, dan S-1 Filsafat di STF Driyakara Jakarta. Selain itu, Rieke juga berhasil meraih pendidikan S-2 di Universitas Indonesia jurusan filsafat.

Selain sebagai aktris, ia juga merupakan penulis buku dan pembawa acara. Dia pernah menjadi host dalam acara Good Morning. Sementara itu, salah satu buku yang dia tulis bertajuk “Renungan Kloset.”

Baca Juga: Profil Airlangga Hartarto, Pengusaha Sukses yang Jadi Menteri Jokowi

2. Terjun ke dunia politik, masuk PKB hingga PDIP

Profil Rieke Diah Pitaloka, dari Si Oneng Jadi Politikus Ternama PDIPRieke Diah Pitaloka (instagram.com/riekediahp)

Lama bergelut di dunia hiburan, Rieke Diah Pitaloka kemudian terjun ke dunia politik dengan menjadi wakil sekretaris jenderal DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Dia kemudian mengundurkan diri dari partai tersebut, dan bergabung dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Dalam live Instagram bersama IDN Times beberapa tahun lalu, Rieke Diah Pitaloka mengatakan, dia aktif berunjuk rasa sejak masih duduk di bangku kuliah. Kala itu ajakan demo datang dari kakaknya yang juga satu almamater dengannya. Rieke Diah Pitaloka kerap dijemput sang kakak untuk melakukan aksi unjuk rasa di banyak tempat.

“Saya berpikir, untuk membela rakyat tidak bisa tidak masuk partai politik karena sistem politik kita dengan partai politik, dan keputusan di DPR juga diputuskan oleh anggota DPR yang merupakan perwakilan partai politik,” kata Rieke Diah Pitaloka.

Keputusan Rieke Diah Pitaloka untuk menjadi seorang politikus semakin kuat, puncaknya saat reformasi 1998, ia bersama seluruh mahasiswa di Indonesia melakukan aksi unjuk rasa besar-besaran di DPR untuk menuntut mundurnya Presiden Soeharto yang telah berkuasa selama 32 tahun tersebut.

Setelah lulus kuliah, ia memulai karier politiknya di Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Di PKB, Rieke belajar banyak mengenai politik dari Ketua Umum PKB saat itu, Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, hingga dia dipercaya menduduki jabatan Wasekjen.

“Pindah ke PDIP saat itu karena beliau (Gus Dur) sakit. Beliau bilang ‘Kamu jangan berhenti di partai politik, temui Bu Mega (Megawati) supaya kamu bisa bergabung di PDIP’. Saya waktu itu bertemunya Pak Taufik Kiemas, setelah itu saya bergabung dengan PDIP,” tuturnya.

Rieke pernah mencalonkan diri menjadi gubernur Jawa Barat pada 2013, berpasangan dengan Teten Masduki. Pasangan ini menamakan diri mereka PATEN dan diusung oleh PDIP dengan no urut 5. Namun pasangan ini harus mengakui keunggulan lawannya. Mereka harus puas berada di posisi kedua, pasangan dengan perolehan suara terbanyak.

Baca Juga: Profil Najwa Shihab, Jurnalis Segudang Prestasi yang Dikenal Kritis

3. Rieke Diah Pitaloka jadi pembicara di IMGS 2022

Profil Rieke Diah Pitaloka, dari Si Oneng Jadi Politikus Ternama PDIPIDN Times/Marisa Safitri

Rieke Diah Pitaloka menjadi salah satu pembicara dalam acara Indonesia Millennial and Gen Z Summit (IMGS) 2022, pada panggung Visionary Leaders yang diselenggarakan IDN Times.

Jika pada tahun-tahun sebelumnya acara ini diselenggarakan dengan nama Indonesia Millennial Summit, tahun ini IDN Media turut menjangkau para Gen-Z yang juga menjadi salah satu kelompok demografi terbesar dengan banyak potensi.

Indonesia Millennial and Gen-Z Summit akan dilakukan secara offline di The Tribrata, Dharmawangsa, Jakarta Selatan, selama dua hari, 29-30 September 2022.

Mengusung tema Indonesia Fast Forward, acara ini akan menjadi platform bagi anak muda untuk bisa saling menginspirasi melalui berbagai macam kontribusi positif yang bisa diberikan bagi Indonesia.

Indonesia Millennial and Gen-Z Summit (IMGS) 2022 akan menghadirkan beragam sesi panel yang diisi oleh lebih dari 50 pembicara inspiratif di tiga panggung, yaitu Visionary Leaders, Future is Female, dan Talent Trifecta. Selain itu akan ada pertunjukan hiburan di Entertainment Stage bagi para pengunjung.

Topic:

  • Sunariyah
  • Eddy Rusmanto

Berita Terkini Lainnya