ProJo: Musra Bergema Sampai Hong Kong dan Malaysia

Musra jaring aspirasi masyarakat hingga luar negeri

Jakarta, IDN Times - Pro Jokowi (Projo) memastikan gelaran Musyawarah Rakyat (Musra) Indonesia juga digelar di luar negeri, yakni di Hong Kong dan Malaysia.

Ketua Umum Projo, Budi Arie Setiadi, menuturkan perhelatan itu digelar untuk menjaring nama-nama calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) harapan rakyat, sebagaimana Musra yang sudah digelar di beberapa daerah.

Baca Juga: Relawan Jokowi Pertimbangkan Temui PBNU Bahas Hasil Musra

1. Musra di Hong Kong menjaring aspirasi masyarakat yang tinggal di luar negeri

ProJo: Musra Bergema Sampai Hong Kong dan MalaysiaMusyawarah Rakyat (Musra) Indonesia di Hongkong (dok Istimewa)

Budi menjelaskan, sejumlah kelompok pendukung Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengadakan Musra Asia Timur di Hong Kong pada Minggu (27/11/2022).

Diawali di Bandung pada Agustus 2022, Musra telah digelar di sejumlah provinsi, termasuk Musra Banten di Kota Serang pada Minggu, 20 November 2022.

"Musra sudah menjadi kebutuhan seluruh rakyat Indonesia, baik di dalam maupun luar negeri," kata Budi dalam keterangannya.

Baca Juga: Musra II Relawan Jokowi di Makassar Jagokan Ganjar Pranowo Capres 2024

2. Musra bahas calon pemimpin Indonesia pada 2024 hingga program harapan rakyat

ProJo: Musra Bergema Sampai Hong Kong dan MalaysiaMusyawarah Rakyat (Musra) Indonesia di Hongkong (dok Istimewa)

Pria yang juga menjabat sebagai Penanggung Jawab Musra Indonesia ini menjelaskan, Musra membuat rakyat Indonesia berdiskusi membahas sejumlah tokoh yang layak maju dalam Pilpres 2024. 

Selain itu, Musra juga membahas karakteristik pemimpin, hingga program harapan rakyat.

"Walau pencalonan capres-cawapres dilakukan oleh partai politik, rakyat menjadi penentu siapa yang layak memimpin bangsa ini ke depan. Maka peran dan aspirasi rakyat tidak bisa dipinggirkan," ucap Budi. 

Baca Juga: Panitia Musra Ikut Acara Nusantara Bersatu, Ketua Projo Tak Hadir

3. Musra Malaysia digelar 28 Januari 2023

ProJo: Musra Bergema Sampai Hong Kong dan MalaysiaKonferensi pers hasil Musyawarah Rakyat (Musra) Indonesia pertama (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Menurut Budi, partai politik justru bisa memberi masukan dari perhelatan Musra di seluruh Indonesia tentang tokoh-tokoh yang populer. Bahkan, partai bisa mengetahui program-program dan perbaikan yang diingikan masyarakat.

Budi menyampaikan, apresiasi kepada WNI di luar negeri yang terlibat dalam Musra. Dia memuji kesadaran dan tanggung jawab politik WNI meski mereka merada di luar negeri. 

Setelah Hong Kong, Musra Indonesia rencananya diadakan di Kuala Lumpur, Malaysia, pada 28 Januari 2023.

"Musra mewadahi aspirasi jujur rakyat. Musra Indonesia bergema sampai mancanegara, dimulai dari Hongkong dan Malaysia," imbuh dia.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya