Puan: Arahan Megawati soal Politik Dua Kaki Bukan Buat Ganjar

Megawati larang kader PDIP manuver politik dan main dua kaki

Jakarta, IDN Times - Ketua DPP PDIP Puan Maharani menegaskan, pernyataan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri yang melarang kadernya bermanuver politik dan main dua kaki, bukan untuk Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Sebaliknya, Puan memastikan, imbauan dari Megawati itu ditujukan kepada semua kader PDIP, termasuk dirinya.

"Gak ada, saat ini tidak. Kalau mungkin saya bisa mengatakan, ini tidak ditujukan untuk orang per orang atau oknum individu-individu, ini disampaikan secara menyeluruh pada semua kader yang hadir saat ini luring atau pun daring," kata Puan di Sekolah Partai DPP PDIP, Jakarta Selatan, Selasa (21/6/2022) malam.

Baca Juga: Elite PDIP Ungkap Nasib Ganjar Usai Pensiun Gubernur, Jadi Capres?

1. Pernyataan keras Megawati soal Pemilu 2024

Puan: Arahan Megawati soal Politik Dua Kaki Bukan Buat GanjarKetum PDIP, Megawati Soekarnoputri di acara Rakernas PDIP pada Selasa (21/6/2022). (dok. PDIP)

Sebelumnya, Megawati buka suara terkait nama calon presiden (capres) dari PDIP yang belakangan jadi isu publik. Megawati menegaskan terkait siapa capres yang akan dicalonkan PDIP, harus melalui tahapan kongres partai dan disetujui dirinya.

"Kalau saya dalam keputusan kongres partai, makanya banyak yang selalu mau memutar balikan, mau menggoreng-goreng, mengapa PDIP diam saja, tidak pernah mau mencalonkan seseorang," ujar Megawati dalam sambutan acara Rakernas PDIP, Sekolah Partai DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Selasa (21/6/2022).

2. Megawati tegaskan kadernya untuk main politik dua kaki

Puan: Arahan Megawati soal Politik Dua Kaki Bukan Buat GanjarKetua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Dalam kesempatan itu, Megawati juga menekankan kepada kadernya untuk tidak melakukan manuver politik jelang Pemilu 2024. Dia meminta kadernya yang terbukti mulai melakukan pergerakan politik, segera ke luar dari PDIP.

"Kalian siapa yang berbuat manuver ke luar, karena tidak ada di dalam PDIP yang namanya main dua kaki, main tiga kaki, memainkan manuver," kata dia.

Baca Juga: Dipuji Megawati di Rakernas, Puan: Bukan Sinyal untuk Nyapres di 2024

3. Megawati punya hak prerogatif tentukan capres

Puan: Arahan Megawati soal Politik Dua Kaki Bukan Buat GanjarKetum PDIP, Megawati Soekarnoputri di acara Rakernas PDIP pada Selasa (21/6/2022). (dok. PDIP)

Megawati menjelaskan, sebagai orang nomor satu di PDIP, ia berhak menentukan siapa capres yang bakal diusung PDIP.

"Karena saya diberi oleh kalian sebuah hak yang nama hak prerogatif, hanya ketua umum yang menentukan siapa yang akan menjadi calon presiden dari PDIP," ucap dia.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya