Ribuan Buruh Akan Demo 10 November di Istana, Ancam Mogok Kerja

Demo bakal dihadiri buruh dari Jakarta, Jawa Barat, Banten

Jakarta, IDN Times - Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) sekaligus Partai Buruh, Said Iqbal, memastikan bakal menggelar demonstrasi lanjutan pada 10 November 2022. Dia memastikan demo bakal dihadiri massa hingga ratusan ribu buruh.

"Pada 10 November, setengah dari pabrik akan kami turunkan ke Jakarta, itu berarti bisa ratusan ribu. Setengah dari pabrik Banten, Jawa Barat, dan DKI Jakarta kami akan turun ke Jakarta," kata dia, di Patung Kuda, Jakarta Pusat, Rabu (12/10/2022).

Baca Juga: Manusia Silver Bawa "Beban Rakyat" Ramaikan Demo Buruh di Patung Kuda

1. Buruh yang menghadiri demo ajukan cuti hingga dapat kompensasi

Ribuan Buruh Akan Demo 10 November di Istana, Ancam Mogok KerjaDemo buruh di Patung Kuda, Jakarta Pusat, Rabu (12/10/2022) (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Iqbal menjelaskan, massa buruh yang hadir pada aksi 10 November 2022 akan mengajukan cuti ke perusahaan tempat mereka bekerja, sehingga bisa mengikuti demo.

"Boleh jadi ada yang cuti mungkin, bisa jadi ada yang ganti hari, bahkan boleh ada yang mendapatkan kompensasi," ujar dia.

Baca Juga: Buruh Beberkan Nilai Inflasi Lebih Tinggi dari Prediksi Pemerintah

2. Demo buruh dipusatkan di Istana

Ribuan Buruh Akan Demo 10 November di Istana, Ancam Mogok KerjaPresiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) dan Partai Buruh, Said Iqbal (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Iqbal mengatakan, aksi tersebut akan terpusat di Istana Negara, Jakarta Pusat. Pihaknya juga tidak menutup kemungkinan bakal berkonsolidasi dengan mahasiswa.

"Tanggal 10 November akan dipusatkan di Istana, dalam rencana mungkin ratusan ribu, bahkan kami akan menggabungkan dengan kalangan mahasiswa," tutur dia.

Baca Juga: Partai Buruh: Kalau Tak Lolos Verifikasi, Ada yang Salah di KPU

3. Jutaan buruh ancam mogok kerja

Ribuan Buruh Akan Demo 10 November di Istana, Ancam Mogok KerjaSejumlah buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) berunjuk rasa di kawasan Patung Kuda, Jakarta, Senin (12/4/2021). (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Lebih lanjut, Iqbal memastikan demo bakal dihadiri buruh yang berasal dari sejumlah pabrik yang tersebar di Banten, Jawa Barat, dan DKI Jakarta.

"Setengah dari pabrik Banten, Jawa Barat dan DKI Jakarta kami akan turun ke Jakarta. Setengah itu berarti ratusan ribu, pabrik di Cikirang, pabrik di kawasan Tangerang akan tutup setengah akan datang ke Jakarta," kata dia.

Selain itu, Iqbal menyebut, bila tuntutan buruh yang disuarakan tidak didengar, maka sekitar lima juta buruh akan melakukan mogok kerja nasional.

"Tiga juta sampai lima juta buruh kami akan melakukan mogok nasional," ucap dia.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya