Comscore Tracker

Ricuh, Massa Geruduk Kantor KPU RI

Mereka meminta supaya presidential threshold dihapus

Jakarta, IDN Times - Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Liga Mahasiswa Indonesia untuk Demokrasi (LMID) melaksanakan aksi massa di depan Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Jakarta Pusat, Kamis (30/6/2022).

Massa yang juga mengatasnamakan pemuda dari Partai Buruh menyampaikan sejumlah pesan kepada KPU RI terkait Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Berdasarkan pantauan IDN Times di lokasi, mereka memaksa masuk ke dalam KPU. Beberapa di antaranya, memukul gerbang yang dijaga ketat oleh aparat kepolisian.

Massa dengan aparat di jalan juga sempat adu mulut lantaran memaksa melakukan blokade jalan. Akibatnya, jalan di sekitar KPU tersendat.

"Revolusi, revolusi. Tenang, tenang, polisi gak usah ngotot. Massa aksi, maju tiga langkah jalan," ujar orator di atas mobil komando.

Dalam agenda tersebut mereka menyampaikan supaya ambang batas pencalonan presiden dihapus, dari yang semula 20 persen menjadi 0 persen.

Kemudian mereka juga mendorong pemerintah untuk memperpanjang aturan masa kampanye.

"Kami LMID dan partai buruh punya kepentingan untuk menghapus presidential Threshold. Ini adalah simbol dari rakyat ketika KPU tidak berpihak kepada rakyat miskin. Ini protes kami ketika Pemilu diadakan secara tidak adil," kata orator.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya