Ridwan Kamil Disebut Bisa Dongkrak Elektabilitas Prabowo dan Ganjar

Ridwan Kamil disebut sosok cawapres paling kontributif

Jakarta, IDN Times - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dianggap sebagai sosok calon wakil presiden (cawapres) yang paling kontributif, dalam mendongkrak elektabilitas pasangannya di Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

"Dalam simulasi tiga pasangan maupun dua pasangan juga menunjukkan, Ridwan Kamil merupakan sosok cawapres yang paling kontributif dalam mendongkrak elektabilitas pasangan," ujar pendiri lembaga survei CigMark, Setia Darma, dalam konferensi pers di Jakarta Pusat, Selasa (5/7/2022).

Baca Juga: Zulhas, Ganjar, Anies Hingga Ridwan Kamil Masuk Radar Capres PAN

1. Ridwan Kamil mampu dongkrak elektabilitas capres

Ridwan Kamil Disebut Bisa Dongkrak Elektabilitas Prabowo dan GanjarGubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (IDN Times/Kevin Handoko)

Darma mengatakan, dalam survei tersebut sosok capres yang dipasangkan dengan Ridwan Kamil, elektabilitasnya selalu tinggi.

"Bisa dilihat pada simulasi pasangan berikut, Ganjar Pranowo dan Ridwan Kamil jadi 38,1 persen. Sementara lainnya, Prabowo Subianto dengan Erick Thohir hanya 23,3 persen, Anies dan AHY 22,1 persen. Sisanya tak memilih sebanyak 16,5 persen," ucap Darma.

Kemudian ketika Ridwan Kamil dipasangkan jadi cawapres Prabowo, keduanya juga unggul dari pasangan lainnya.

"Sama juga ketika Ridwan Kamil diposisikan sebagai wakilnya Prabowo Subianto, pasangan ini juga unggul dari pasangan lainnya, dengan memperoleh dukungan 37,7 persen," ucap Darma.

Sementara, pasangan lainnya, Ganjar dan Puan Maharani hanya 22,7 persen, Anies dan Khofifah Indar Parawansa 19,6 persen. Sedangkan responden yang tak memilih sebanyak 20 persen.

2. Ridwan Kamil makin kuat jika diduetkan dengan Ganjar maupun Prabowo

Ridwan Kamil Disebut Bisa Dongkrak Elektabilitas Prabowo dan GanjarGubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Dok. IDN Times)

Damar juga menjelaskan, nilai kontributif Ridwan Kamil juga semakin terlihat pada simulasi dua pasangan, terutama ketika diduetkan dengan Ganjar.

Pasangan Ganjar dan Ridwan Kamil mampu mengalahkan pasangan Prabowo dan Anies.

"Ganjar dan Ridwan Kamil dapat dukungan 42,7 persen. Sementara Prabowo dan Anies hanya 37 persen. Sisanya undecided 20,3 persen," tutur dia.

Kemudian persaingan cukup ketat terjadi ketika Prabowo dipasangkan dengan Ridwan Kamil, melawan Anies dan Ganjar.

"Prabowo-Ridwan Kamil sebesar 40,6 persen, sedangkan Ganjar-Anies 37,9 persen," ucap Damar.

3. Survei diselenggarakan 9 hingga 7 Juni 2022

Ridwan Kamil Disebut Bisa Dongkrak Elektabilitas Prabowo dan GanjarRidwan Kamil saat menjadi speaker di Indonesia Millennial Summit 2019 held by IDN Times

Riset CiGMark ini dilakukan pada 9 hingga 7 Juni 2022 di seluruh wilayah Indonesia dengan melibatkan 1.200 responden. 

Metode survei yang dilakukan menggunakan Multistage Random Sampling kepada responden yang berusia 15 tahun (pada 14 Februari 2022) ke atas, dengan wawancara tatap muka menggunakan Computer Assisted Personal Interview (CAPI). 

Survei ini memotret kinerja pemerintah dan lembaga negara serta peta dukungan capres menjelang Pemilu 2024. Margin of error dari survei ini adalah 2,9 persen.

Baca Juga: Bertemu Ridwan Kamil, Golkar Sebut Capres Tetap Airlangga Hartarto

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya