Rizieq Shihab Kemungkinan Tak Hadir Demo PA 212 dan FPI, Ini Alasannya

Demo digelar usai salat Jumat

Jakarta, IDN Times - Persaudaraan Alumni (PA) 212, Front Persaudaraan Islam (FPI), dan organisasi lain yang tergabung dalam Gerakan Nasional Pembela Rakyat (GNPR) akan menggelar demo tolak kenaikan harga BBM di Istana Negara, Jakarta Pusat hari ini, Jumat (23/9/2022).

Demo bertajuk Aksi Bela Rakyat (Akbar) Jilid II 2309 itu direncanakan digelar usai salat Jumat.

Baca Juga: Bertemu Rizieq di Petamburan, UAS Heran Mengapa Banyak Orang Benci

1. Rizieq Shihab kemungkinan tidak hadir

Rizieq Shihab Kemungkinan Tak Hadir Demo PA 212 dan FPI, Ini AlasannyaRizieq Shihab. (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Koordinator Lapangan aksi 2309, Buya Husein mengatakan, kemungkinan pentolan FPI Rizieq Shihab tidak hadir karena masih berstatus sebagai tahanan kota.

"Kemungkinan Imam Besar Habib Rizieq Shihab tidak datang, karena status beliau yang masih tahanan kota," ujar dia kepada IDN Times, Jumat (23/9/2022).

Baca Juga: Demo Hari Ini, PA 212 dan FPI Ajak Jawara-Laskar Antisipasi Penyusup

2. Aktivitas Rizieq harus mendapat izin dari lapas

Rizieq Shihab Kemungkinan Tak Hadir Demo PA 212 dan FPI, Ini AlasannyaPemimpin Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab (tengah) berjalan menuju mobil tahanan usai diperiksa di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Minggu (13/12/2020) dini hari. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Sementara, terkait kehadiran Rizieq Shihab dalam aksi tersebut, Sekretaris Majelis Syuro PA 212 Slamet Maarif menjelaskan, sejauh ini belum ada komunikasi lebih lanjut dari pihak lapas maupun tim kuasa hukum. Mengingat statusnya saat ini masih bebas bersyarat.

"Belum komunikasi dengan pengacaranya apakah diizinkan oleh lapas atau tidak. Kita belum dapat kabar karena apapun aktivitas beliau harus dilaporkan, minta izin dari lapas, karena masih pembebasan bersyarat," ujar Slamet saat ditemui di kawasan Jakarta Selatan, Senin (19/9/2022).

Baca Juga: Demo Hujan-hujanan, Nakes Honorer Iri Lihat Pegawai BUMN Bergaji Gede

3. Sikap Rizieq terhadap kenaikan harga BBM diwakili menantunya

Rizieq Shihab Kemungkinan Tak Hadir Demo PA 212 dan FPI, Ini AlasannyaKetua Front Persaudaraan Islam (FPI), Habib Muhammad Bin Husein Alatas ikut aksi PA 212 tolak kenaikan BBM di Patung Kuda, Jakarta Pusat (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Slamet menuturkan, sikap Rizieq Shihab terkait kebijakan pemerintah menaikan harga BBM sama seperti yang diungkapkan menantunya, yang kini menjabat sebagai Ketua FPI, yakni Muhammad bin Husein Alatas.

"Ya kira-kira suara mantu beliau Habib Muhammad sama dengan suara beliau," kata Slamet.

Muhammad sendiri rencananya akan hadir dalam Aksi 2309 yang digelar Jumat (23/9/2022) siang ini.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya