Salaman dengan Ketua KPU, Ketum Muhammadiyah: Artinya Pemilu Jadi

Ketua KPU RI bakal gelar audiensi dengan ormas

Jakarta, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menggelar pertemuan dengan jajaran Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah di Kantor Pusat Muhammadiyah, Jakarta Pusat, Selasa (3/1/2023).

Dalam kesempatan itu, Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir diminta bersalaman dengan Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari untuk mengabadikan pertemuan keduanya.

Baca Juga: PDIP Dukung KPU Selenggarakan Pemilu Proporsional Tertutup

1. Momen Ketum PP Muhammadiyah sebut Pemilu 2024 tak ditunda

Salaman dengan Ketua KPU, Ketum Muhammadiyah: Artinya Pemilu JadiKomisi Pemilihan Umum (KPU) RI menggelar pertemuan dengan jajaran Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah di Kantor Pusat Muhammadiyah, Jakarta Pusat (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Ketika bersalaman dengan Hasyim, Haedar sempat berkelakar di hadapan awak media bahwa bersalaman artinya Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2024 jadi digelar. 

"Salaman artinya pemilu jadi, tidak ditunda, tidak ditambah," kata dia diiringi gelak tawa jajaran Muhammadiyah dan KPU RI.

Pantauan IDN Times di lokasi, terlihat sejumlah jajaran PP Muhammadiyah menghadiri audiensi dengan KPU RI, di antaranya Ketua Umum Haedar Nasir, Sekum Abdul Mu'ti, Ketua PP Muhammadiyah Anwar Abbas.

Sementara dari pihak KPU RI dihadiri oleh Ketua KPU, Hasyim Asy'ari dan anggota KPU seperti Betty Epsilon Idroos, Mochamad Afifuddin, Parsadaan Harahap, Yulianto Sudrajat, Idham Holik, dan August Mellaz.

Baca Juga: Ketua KPU Bantah Pemilu 2024 Diatur Buat Menangkan Ganjar-Erick

2. KPU RI sudah menggelar pertemuan dengan lembaga negara

Salaman dengan Ketua KPU, Ketum Muhammadiyah: Artinya Pemilu JadiKomisi Pemilihan Umum (KPU) RI menggelar pertemuan dengan jajaran Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah di Kantor Pusat Muhammadiyah, Jakarta Pusat (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Terpisah, Hasyim memastikan audiensi dengan Muhammadiyah merupakan bentuk silaturahmi. Sebelumnya KPU RI periode 2022-2027 juga sudah menggelar audiensi dengan lembaga pemerintah lainnya.

"Pada awal KPU periode 2022-2027 KPU silaturahim kepada pimpinan lembaga negara dan pmerintahan, (seperti) presiden, Ketua DPR, Ketua DPD, Ketua MPR, MK, MA, Jaksa Agung, Kapolri, Panglima TNI, dan menteri-menteri," ucap dia dalam keterangannya.

Baca Juga: Ada Wacana Pemilu Proporsional Tertutup, PBNU: Terserah KPU

3. Ketua KPU RI pastikan bakal audiensi dengan organisasi kemasyarakatan

Salaman dengan Ketua KPU, Ketum Muhammadiyah: Artinya Pemilu JadiKetua KPU RI, Hasyim Asy'ari, saat mengunjungi kantor IDN Media HQ, Jakarta, Senin (5/9/2022). (IDN Times/Herka Yanis)

Ke depan, kata Hasyim, KPU RI bakal terus menggelar silaturahmi dan audiensi kepada organisasi kemasyarakatan lainnya.

"Sekarang KPU silaturahim audiensi dengan pimpinan organisasi kemasyarakatan. KPU sudah ajukan permohonan audiensi dg PBNU, PP Muhammadiyah, KWI, PGI, Walubi dan Matakin. Yang sudah respon awal untuk audiensi adalah PP Muhammdiyah dan PBNU," imbuh dia.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya