Comscore Tracker

Sejumlah Makam Tokoh TNI-Polri Bersebelahan dengan Tjahjo Kumolo

Makam Tjahjo Kumolo digali setelah salat Jumat 

Jakarta, IDN Times - Jenazah Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) Tjahjo Kumolo dimakamkan di dekat makam tokoh aparat TNI-Polri.

Diketahui, Tjahjo Kumolo meninggal dunia di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Menteng, Jakarta, Jumat (01/07/2022), pukul 11.10 WIB.

“Bapak Menteri telah dipanggil Allah SWT pada hari ini pukul 11.10 WIB. Kami mohon doa dari Bapak/Ibu dan rekan-rekan sekalian, semoga beliau diterima di sisi-Nya,” kata Sekretaris Kementerian PAN RB, Rini Widyantini, melalui keterangan tertulis.

Sebelum mengembuskan napas terakhir, Menteri Tjahjo sempat menjalani perawatan intensif di RS tersebut sejak pertengahan Juni. Ia sebelumnya sakit komplikasi, seperti paru-paru, diabetes, dan asam urat.

1. Dimakamkan di dekat tokoh aparat TNI-Polri

Sejumlah Makam Tokoh TNI-Polri Bersebelahan dengan Tjahjo KumoloSalah satu makam yang dekat dengan makam Tjahjo Kumolo. (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Berdasarkan pantauan IDN Times di lokasi, di sebelah persis makam Tjahjo Kumolo terdapat Mantan Bati Skodam Peltu (purn) HM Sara.

Kemudian di sisi lainnya terdapat makam Mantan BA Tehnik PHB Div III Diponegoro, Sersan (purn), Soedjazim dan Wadan Puspomad Mayjen TNI, Hendi Hendra Bayu.

Sementara dari kepolisian, ada makam mantan Pati Mabes Polri Irjen Pol (purn), Aryanto Boediardjo.

Baca Juga: Menpan-RB Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia

Baca Juga: Jenazah Tjahjo Kumolo Akan Dimakamkan di TM Pahlawan Kalibata

2. Dimakamkan satu blok dengan mantan Gubernur DKI

Sejumlah Makam Tokoh TNI-Polri Bersebelahan dengan Tjahjo KumoloUpacara pemakaman Menteri PAN RB Tjahjo Kumolo (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Selain itu, petugas pemakaman TMP Kalibata, Omat menjelaskan, Tjahjo Kumolo dimakamkan satu blok dengan mantan Gubernur DKI hingga eks Menteri Penerangan 

Dia mengatakan, di blok tersebut, terdapat sejumlah tokoh terkenal, di antaranya mantan Gubernur DKI Jakarta periode 1992-1997, Suryadi Sudirja.

"Itu (nunjuk) di sebelah sini juga Pak Suryadi Sudirja, mantan Gubernur DKI Jakarta," kata Omat ditemui di lokasi, Jumat (1/7/2022).

Omat juga memaparkan, di blok itu ada makam Menteri Penerangan di era Orde Baru, Harmoko dan Mayjen TNI, Cholid Ghozali yang merupakan mertua dari Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman.

3. Penggalian dilaksanakan setelah salat Jumat

Sejumlah Makam Tokoh TNI-Polri Bersebelahan dengan Tjahjo KumoloProsesi pemakaman jenazah Menteri PAN-RB, Tjahjo Kumolo di Taman Makam Pahlawan, Kalibata pada Jumat (1/7/2022). (IDN TImes/Yosafat Diva)

Omat menjelaskan, instruksi penggalian makam Tjahjo Kumolo dikabarkan sekitar jam 12.00 WIB. Hanya saja, penggalian tanah baru dilaksanakan setelah melaksanakan ibadah salat Jumat.

"Instruksi masuk, berita pemakaman itu sebelum Jumatan ya, berarti sekitar jam 12.00 atau 12.30. Kami mulai menggali selesai Jumatan, jadi Jumatan dulu, baru setelahnya langsung menggali. Tendanya juga dibangun bareng dengan penggalian. Jadi kami menggali, yang lain pasang tenda," kata Omat.

Baca Juga: Kesaksian Penggali Kubur Makam Tjahjo Kumolo: Saya Merasa Bangga!

Baca Juga: 10 Potret Kedatangan Peti Jenazah Tjahjo Kumolo di TMP Kalibata

Topic:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya