Sempat Memanas, Aksi Demo RKUHP di Depan DPR Akhirnya Bubar 

Mahasiswa sempat membakar kardus dan botol

Jakarta, IDN Times - Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Reformasi KUHP akhirnya membubarkan diri di depan Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (28/6/2022).

Berdasarkan pantauan IDN Times di lokasi, massa aksi yang tergabung dari berbagai aliansi kampus itu membubarkan diri sekira pukul 18.15 WIB. Mereka perlahan meninggalkan lokasi sambil menegaskan bakal melancarkan aksi kembali dalam waktu dekat.

Sebelum membubarkan diri, mereka sempat berkumpul di depan pintu kecil yang berada di sisi kiri pintu utama masuk Gedung DPR RI, Jalan Gatot Subroto, Jakarta.

Beberapa mahasiswa juga sempat menggedor dengan keras pintu kecil tersebut. Kemudian beberapa di antara mereka memanjat sambil menggoyangkan pagar.

Mereka berkali-kali meneriakkan supaya Ketua DPR RI, Puan Maharani keluar Gedung DPR RI. "Kami mau Puan, kami mau Puan. Dobrak, dobrak, dobrak pintunya, dobrak pintunya sekarang juga," nyanyian massa aksi.

Diketahui, salah satu perwakilan DPR RI sempat keluar menemui beberapa mahasiswa termasuk Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Indonesia, Bayu Satria Utomo.

Dalam kesempatan itu, keduanya sempat adu mulut terkait penyampaian pendapat. Mahasiswa menilai, DPR RI bersikap acuh terhadap aspirasi mereka.

Aksi demo di depan DPR itu juga diketahui sempat memanas. Ini karena sejumlah mahasiswa sempat melakukan pembakaran kardus dan botol plastik di depan gerbang Gedung DPR RI. Polisi sampai harus bergegas turun tangan memadamkan api yang disulut pendemo.

Massa juga sempat tegas dan coba memaksa untuk membuka pintu gerbang di depan Gedung DPR. Orator di mobil komando juga sempat menegaskan untuk merapatkan barisan.

"Buka, buka, buka pintunya. Buka pintunya sekarang juga," ujar mahasiswa yang hadir.

Baca Juga: [BREAKING] Demo Mahasiswa di Depan DPR Mulai Ricuh, Asap Mengepul

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya