Comscore Tracker

Sepakati Piagam Kerja Sama, Gerindra dan PKB Resmi Berkoalisi

PKB klaim punya visi yang sama dengan Gerindra

Bogor, IDN Times - Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) resmi menyepakati kerja sama politik jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Kedua partai politik mengumumkan koalisi dalam acara Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Gerindra yang digelar di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat, Sabtu (13/8/2022).

Pantauan IDN Times di lokasi, sekira pukul 07.50 WIB sejumlah kader PKB maupun Gerindra mulai berdatangan ke lokasi rapimnas.

Mereka kompak mengenakan baju berwarna khas masing-masing. Kader Gerindra mengenakan kemeja safari putih, sedangkan pendukung PKB memakai pakaian serba hijau.

Kemudian, Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mulai memasuki panggung rapimnas pada pukul 09.20 WIB.

Kedatangan keduanya disambut dengan musik marawis dan salawat. Prabowo dan Cak Imin pun menyapa kader yang hadir dengan melambaikan tangan.

Lalu, Prabowo bersama Cak Imin menandatangani surat kerja sama koalisi antara Gerindra dan PKB.

Dalam pidato kebangsaan, Cak Imin mengatakan koalisi tersebut membawa kebahagiaan bagi PKB lantaran keduanya memiliki satu tujuan.

"Kita semua turut bahagia dan bangga, PKB dan Gerindra dipertemukan untuk satu tujuan untuk Indonesia adil makmur sejahtera," ujar Cak Imin, disambut tepuk tangan hadirin.

Cak Imin menegaskan PKB dan Gerindra merupakan kedua parpol dengan karakter dan ideologi yang sama.

"PKB dan Gerindra merupakan dua kekuatan parpol yang memiliki karakter ideologi semangat yang sama, Gerindra adalah parpol nasionalis agamis, PKB adalah partai agamis nasionalis, kesamaan ideologi gagasan dan cita-cita inilah yang merekatkan kita hari ini," tutur dia.

Rapimnas Gerindra selain dihadiri ribuan kader dari kedua parpol, hadir juga beberapa menteri dari Partai Gerindra dan PKB di antaranya Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dan Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah.

Baca Juga: 34 DPD Gerindra Sepakat Prabowo Maju Jadi Capres 2024

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya