Soal Cak Imin Jadi Cawapres Puan, PKB: Itu Ekspresi Kematangan Politik

Kader PKB tetap dorong Cak Imin maju sebagai Capres 2024

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar (Cak Imin), tak menutup kemungkinan jadi calon wakil presiden (cawapres) diduetkan dengan Ketua DPP PDIP, Puan Maharani, pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Menanggapi pernyataan itu, Ketua DPP PKB Daniel Johan menegaskan, pernyataan Cak Imin yang menyebut jadi cawapres Puan hanyalah ekspresi dari kebaikan hati dan kematangan dalam berpolitik.

"Artinya gini, kemarin itu kalau pun Cak Imin sempat melontarkan masalah cawapres itu hanya ekspresi kebaikan hati, kedewasaan jiwa, kematangan politik Cak Imin," ujar Daniel saat ditemui di Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (26/9/2022).

Baca Juga: Duet Prabowo-Puan di 2024 Terbuka, Gerindra: Kita Hormati Muhaimin

1. PKB tetap dukung Cak Imin maju sebagai capres

Soal Cak Imin Jadi Cawapres Puan, PKB: Itu Ekspresi Kematangan PolitikKetua DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Daniel Johan (www.pkb.id)

Daniel mengatakan, PKB masih bulat mendukung Cak Imin untuk maju sebagai calon presiden (capres) di 2024. Kesepakatan itu merupakan keputusan mutlak yang disepakati bersama.

Oleh sebab itu, pihaknya berharap Cak Imin bisa menjalankan atau mewujudkan mandat dari para kader partai berlambang bola dunia yang dikelilingi sembilan bintang tersebut.

"Tetapi mandat PKB terhadap Cak Imin berubah, jadi mandatanya Cak Imin maju sebagai calon presiden. Sampai satu titik memang sudah ada keputusan yang final dari koalisi," ujar dia.

Baca Juga: Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar: Kita Doakan Mbak Puan Jadi Presiden

2. Jika arah politik PKB berubah, perlu ada pembahasan internal partai

Soal Cak Imin Jadi Cawapres Puan, PKB: Itu Ekspresi Kematangan PolitikKetua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani dan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar berziarah ke makam mantan Ketua DPR Taufik Kiemas di TMP Kalibata, Jakarta Selatan pada Minggu (25/9/2022) (IDN Times/Aryodamar)

Sementara, kata Anggota Komisi IV DPR RI ini, apabila nanti Cak Imin memutuskan untuk mengubah arah politik, maka perlu dibahas dalam musyawarah internal partai dan diputuskan dalam muktamar.

"Kalau memang itu tidak sesuai dengan mandat sehingga kami harus melakukan konsultasi ulang entah muspimnas, karena itu keputusan muktamar kan, untuk menjelaskan ke seluruh kader dan melakukan penyesuaian mandat," imbuh Daniel.

Baca Juga: Dapat Kejutan Ultah ke-56 dari Puan, Muhaimin: Minimal Jadi Wapres

3. Pernyataan Cak Imin jadi cawapres saat bertemu Puan

Soal Cak Imin Jadi Cawapres Puan, PKB: Itu Ekspresi Kematangan PolitikKetua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani dan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar berziarah ke makam mantan Ketua DPR Taufik Kiemas di TMP Kalibata, Jakarta Selatan pada Minggu (25/9/2022) (IDN Times/Aryodamar)

Sebelumnya, Cak Imin dan Puan Maharani melakukan pertemuan sekaligus ziarah ke makam Taufiq Kiemas di TMP Kalibata, Jakarta Selatan. Usai berziarah, Puan juga sempat merayakan ulang tahun Cak Imin.

Dalam kesempatan itu, Cak Imin yang berdiri di samping Puan menyampaikan doa agar Puan Maharani bisa menjadi presiden.

"Kita mendoakan Mbak Puan jadi presiden," kata Cak Imin.

Kemudian muncul pertanyaan apakah Cak Imin mau menjadi cawapres mendampingi Puan Maharani. Sontak Cak Imin sambil tertawa menjawab akan konsultasi ke Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto.

Lebih lanjut, Cak Imin menilai perjalanan politik jelang 2024 masih sangat panjang. Dia pun akan melihat terlebih dahulu simulasi pasangan calon presiden dan calon wakil presiden, yakni antara Prabowo-Muhaimin atau Puan Maharani-Muhaimin.

"Tapi namanya perjalanan masih panjang nanti dites saja, Prabowo-Cak Imin, Puan-Muhaimin, kira-kira kuat mana," ujar dia.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya