Sri Mulyani Datang ke Sekolah Partai PDIP, Ada Apa?

Sri Mulyani bertemu ratusan kepala daerah kader PDIP

Jakarta, IDN Times - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani berkunjung ke Sekolah Partai Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP di Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Jumat (17/6/2022).

Sri Mulyani datang ke Sekolah Partai PDIP, sebagai Wakil Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Di hadapan ratusan kepala daerah, secara khusus dia berharap agar para kepala daerah semakin memperluas pemahaman dan pengetahuan serta mengakselerasi BRIN daerah.

Baca Juga: PDIP Minta Kepala Daerah Tidur di Barak, Ini Pengalaman Gibran

1. Kepala daerah diminta pahami BRIN

Sri Mulyani Datang ke Sekolah Partai PDIP, Ada Apa?Sri Mulyani hadir di Rakor Kepala dan Wakil Kepala Daerah PDI Perjuangan Seluruh Indonesia (dok. PDIP)

Pesan dari Sri Mulyani itu disampaikan oleh Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey usai menjadi moderator dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Kepala/Wakil Kepala Daerah di Sekolah Partai PDIP.

"Bu Menkeu memberikan penjelasan wacana manfaat yang sangat besar BRIN ini. Ini saya kira suatu hal yang kepala daerah perlu pahami, karena pada ujungnya kan terjadi pembentukan BRINDA (BRIN daerah). Sehingga apa yang diinginkan oleh Pak Presiden dan Ibu Ketum sebagai Ketua Dewan Pengarah BRIN, bisa berjalan sesuai harapan kita ke depan, dan manfaatnya bisa dirasakan oleh daerah dengan kinerja BRIN daerah," kata Olly.

2. Semua daerah punya potensi untuk dikembangkan

Sri Mulyani Datang ke Sekolah Partai PDIP, Ada Apa?Sri Mulyani hadir di Rakor Kepala dan Wakil Kepala Daerah PDI Perjuangan Seluruh Indonesia (dok. PDIP)

Menurut Olly, dengan adanya BRIN daerah, akan membawa dampak positif bagi masyarakat. Sebab, semua daerah punya potensi yang baik untuk dikembangkan.

"Fungsi BRIN daerah ini sangat penting mengonsolidasikan kampus, balitbang di daerah masing-masing," ucap Olly.

Dia meyakini para kepala daerah PDIP sebenarnya sudah memiliki pemahaman terkait kinerja lembaga BRIN, namun tentunya masih perlu diperdalam terkait perannya dalam membangun daerah.

"Hari ini kita para kepala daerah mendapat penjelasan lebih detail. Kemarin sudah dijelaskan bagaimana struktur organisasi dan pembentukan BRIN dan BRIN daerah. Ini lebih detail ke bawah, bagaimana fungsi kepala daerah untuk mendorong program yang sangat baik untuk kemajuan riset di RI," ucap Olly.

3. Pesan Sri Mulyani ke kepala daerah terkait energi dan pangan

Sri Mulyani Datang ke Sekolah Partai PDIP, Ada Apa?Rakor Kepala/Wakil Kepala Daerah di Sekolah Partai PDIP (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Dalam kesempatan itu, Sri Mulyani memberikan paparan berjudul Regulasi Kementerian Keuangan Untuk Penguatan Anggaran Pendukung Riset dan Inovasi Daerah Berkelanjutan. Dia menjelaskan, situasi pandemik COVID-19 yang belum berakhir dan geopolitik dunia.

Saat membahas soal hubungan pusat dan daerah, termasuk soal anggaran, Sri Mulyani berharap agar para pemimpin daerah bisa memiliki pandangan terbuka, khususnya terkait keberlangsungan pangan dan energi.

"Risiko yang saat ini dalam bentuk sangat imminent adalah pangan, energi, yang menjadi sangat kompetitif," ujarnya.

Baca Juga: Cerita Gibran Tidur di Barak PDIP dan Beli Baju di Kantin

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya