Survei: Anies Jadi Tokoh Politik Paling Populer di Medsos

Anies, Ganjar, dan Erick Thohir tokoh paling populer medsos

Jakarta, IDN Times - Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan jadi tokoh politik yang paling banyak diperbincangkan di jejaring media sosial (medsos). Bahkan berdasarkan hasil survei yang digelar Drone Emprit, Anies jadi nama yang paling banyak diperbincangkan ketimbang tokoh politik lain.

"Dari 1 sampai 17 Oktober, pemberitaan dan perbincangan tentang Anies Baswedan (ABW), setiap harinya jauh di atas para tokoh politik lainnya. Puncak pembahasan tentang ABW terjadi pada 16 Oktober, didorong hari terakhir dirinya bekerja di Balai Kota DKI," kata Analis Media Sosial dan Pendiri Drone Emprit Ismail Fahmi dalam akun Twitter miliknya, Senin (24/10/2022).

Baca Juga: PSI Diingatkan Tata Krama Politik Usai Deklarasikan Ganjar Jadi Capres

1. Anies tokoh populer di medsos maupun media online

Survei: Anies Jadi Tokoh Politik Paling Populer di MedsosIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Fahmi menjelaskan, Anies menjadi tokoh yang populer dalam pemberitaan dan perbincangan di media sosial, kemudian disusul Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menteri BUMN Erick Thohir.

Sementara tokoh politik yang paling minim popularitasnya ialah Menteri Pariwisata Ekonomo Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto.

Di media online, Anies (60.305 mention) menjadi tokoh yang paling banyak diberitakan, disusul Ganjar (15.128 mention) dan Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (6.873 mention). Sementara di media sosial, Anies juga masih unggul dengan torehan 835.070 mention disusul Ganjar (188.543 mention) dan Erick (118.460 mention)

Baca Juga: Relawan Go-Anies Siap Lawan Kampanye Hitam Jelang Pilpres 2024

2. Muhaimin jadi tokoh yang paling banyak diperbincangkan dengan nada postif

Survei: Anies Jadi Tokoh Politik Paling Populer di MedsosKetua Umum PKB Muhaimin Iskandar (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Ismail juga memaparkan temuan favorabilitas tokoh politik. Di mana Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) muncul sebagai tokoh dengan presentase tertinggi diperbincangkan dengan nada positif.

"Muhaimin Iskandar menjadi tokoh yang paling tinggi persentase dibincangkan dalam nada positif sebesar 96 persen. Diikuti Susi Pudjiastuti dengan 94 persen, dan Erick 94 persen," tutur dia.

"Adapun tokoh yang banyak dibincangkan dalam nada paling negatif adalah AHY dengan 25 persen. Diikuti Ganjar 23 persen, dan Anies 17 persen," ujar dia.

Baca Juga: Survei: Elektabilitas Ganjar dan Anies Melejit, Prabowo Stagnan

3. Deretan tokoh politik dengan pengikut di medsos paling tinggi

Survei: Anies Jadi Tokoh Politik Paling Populer di Medsosilustrasi media sosial (IDN Times/Aditya Pratama)

Sementara itu, Fahmi juga memaparkan deretan tokoh politik dengan pengikut di media sosial terbanyak. Adapun media sosial yang dimaksud, di antaranya Twitter, Instagram, TikTok, Facebook, dan YouTube.

Hasilnya, Ridwan Kamil menjadi tokoh politik dengan pengikut terbanyak mencapai 29,8 juta.

"Secara keseluruhan jumlah pengikut terbanyak dimiliki oleh akun Ridwan Kamil. RK unggul di platform Instagram (19,2 juta) dan Twitter (5,3 juta)," jelas Fahmi.

Kemudian diikuti Prabowo dengan torehan total 19,2 juta, dengan pengikut paling banyak di media sosial jenis Facebook. Selanjutnya disusul nama Ganjar Pranowo sebanyak 13,2 juta pengikut.

"Prabowo Subianto memiliki pengikut Fanpage Facebook (9,5 juta) terbanyak. Adapun Ganjar memiliki pengikut TikTok (2 juta) dan YouTube (1,4 juta) terbanyak," tutur Ismail.

Baca Juga: NasDem Tuding Ada Elite Adu Anies dan Jokowi, Dasco: Bukan Gerindra

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya