Comscore Tracker

Syarat Koalisi dengan Gerindra: Wajib Usung Prabowo Capres 2024

Kinerja dan elektabilitas Prabowo dinilai sangat baik

Bogor, IDN Times - Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menjelaskan syarat utama apabila ada partai politik (parpol) yang ingin berkoalisi dengan partai berlambang kepala burung garuda tersebut.

Dia menegaskan, syarat tersebut ialah harus sepakat mendukung Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto sebagai calon presiden (capres) 2024.

"Tentunya karena calon presiden dari Partai Gerindra adalah Pak Prabowo, maka syarat koalisi adalah mendukung untuk mengusung Pak Prabowo sebagai calon presiden 2024," kata Dasco saat ditemu di sela-sela Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Gerindra, di Sentul, Jawa Barat, Jumat (12/8/2022).

Baca Juga: Bupati Pemalang Kena OTT KPK, Waketum Gerindra: Bukan Kader Kita!

1. Gerindra segera resmikan koalisi dengan PKB

Syarat Koalisi dengan Gerindra: Wajib Usung Prabowo Capres 2024Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Gerindra 2022 di Sentul pada Jumat (12/8/2022). (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Sejauh ini Dasco menegaskan, mengenai koalisi Gerindra sudah sepakat dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Bahkan, hubungan keduanya segera dideklarasikan pada besok, Sabtu (13/8).

Wakil Ketua DPR RI ini juga menuturkan, ada partai politik lain yang sudah menghubungi untuk masuk kedalam koalisi Gerindra. Kendati demikian pihaknya mengaku masih butuh waktu untuk memutuskan kerja sama politik tersebut.

"Namun karena masih perlu waktu untuk melakukan pembicaraan-pembicaraan, kami putuskan bahwa nanti setelah deklarasi dengan PKB baru kemudian kami akan mengadakan komunikasi dengan partai tersebut," kata dia.

Ketika ditanya parpol mana yang akan berlabuh dengan koalisi Gerindra dan PKB, Dasco menegaskan masih belum bisa menjawab.

"Saya belum bisa jawab, tunggu tanggal mainnya," ucap dia.

Baca Juga: Sekjen Gerindra: Rapimnas untuk Dengar Jawaban Prabowo Maju Capres

2. Alasan Prabowo layak diusung sebagai capres

Syarat Koalisi dengan Gerindra: Wajib Usung Prabowo Capres 2024ANTARA FOTO/Idhad Zakaria

Sementara itu, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra, Ahmad Muzani mengungkap alasan seluruh kader mendukung supaya Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto maju sebagai calon presiden (capres) pada 2024 mendatang.

Dia menuturkan, setidaknya ada beberapa alasan yang membuat kader Gerindra yakin Prabowo cocok jadi Presiden Republik Indonesia (RI).

Pertama, kata Muzani, di berbagai hasil survei Prabowo selalu unggul, baik secara popularitas maupun tokoh nasional yang digemari masyarakat.

"Alasannya pertama, beliau capres yang dari berbagai macam survei paling populer, paling diminati, paling disukai," ujar Muzani kepada awak media di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat, Jumat (12/8/2022).

Baca Juga: Media Asing Soroti Prabowo Siap Maju Pilpres 2024

3. Kinerja Prabowo di kabinet dianggap membawa dampak positif

Syarat Koalisi dengan Gerindra: Wajib Usung Prabowo Capres 2024Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Gerindra 2022 di Sentul pada Jumat (12/8/2022). (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Kemudian kedua, kinerja Prabowo sebagai Menteri Pertahanan (Menhan) dianggap membawa dampak positif bagi pemerintahan Jokowi dan Maruf Amin. "Kinerjanya di dalam Kementerian Pertahanan dianggap cukup beri makna positif bagi pemerintahan Jokowi-Maruf," ucap Muzani.

Selain itu Prabowo juga sosok yang digadang-gadang memegang teguh komitmen untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). "Kemudian beliau tidak pernah begeser dari komitmennya untuk menjaga keutuhan NKRI," tutur Muzani.

Oleh sebab itu Muzani berkeyakinan kader Gerindra sepakat dan memiliki pandangan yang sama bahwa Prabowo jadi calon tunggal sebagai sosok yang diusung untuk jadi capres 2024.

"Itulah alasan kader kenapa seluruhnya meminta Pak Prabowo, yang disebut hari ini oleh seluruh yang menyampaikan pandangan, hanya tunggal namanya Prabowo Subianto, tidak ada nama lain," tutur dia.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya