Tak Lolos Verifikasi Administrasi, Prima Bakal Gugat ke Bawaslu

Prima salah satu parpol tak lolos verifikasi administrasi

Jakarta, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah mengumumkan hasil verifikasi administrasi partai politik (parpol) calon peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Hasil verifikasi administrasi itu tertuang dalam Pengumuman Nomor 9/PL.01.1-Pu/05/2022. 

Berdasarkan hasil pengumuman itu, hanya 18 partai politik yang dinyatakan memenuhi syarat dan berlanjut pada tahapan berikutnya. Sementara itu, terdapat beberapa parpol yang tidak memenuhi syarat, salah satunya adalah Partai Rakyat Adil Makmur (Prima). 

Baca Juga: 18 Parpol Lolos Verifikasi Administrasi Peserta Pemilu 2024

1. Prima klaim dokumen administrasinya sudah lengkap

Tak Lolos Verifikasi Administrasi, Prima Bakal Gugat ke BawasluKetua Bawaslu, Rahmat Bagja ketika memimpin Apel Siaga Pengawasan Pemilu 2024 Serentak Se-Indonesia pada Selasa, 14 Juni 2022. (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Menanggapi hal itu, Ketua Umum Prima, Agus Jabo Priyono, menegaskan bahwa pihaknya akan melayangkan gugatan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dalam kurun waktu 3x24 jam mendatang setelah mendapatkan berita acara resmi dari KPU. 

“Kami yakin bahwa Bawaslu akan menerima gugatan kami, karena berdasarkan data yang kami miliki, dokumen administrasi yang kita serahkan ke KPU lengkap dan melebihi syarat minimal, 34 provinsi, 423 kabupaten/kota, 3436 kecamatan dan 327.298 anggota,” ujar dia dalam keterangan resminya di Jakarta, Jumat (14/10/2022). 

Baca Juga: Pileg Proporsional Tertutup Mudahkan Pemilu Serentak, Ini Alasan KPU

2. Pernah dialami pada Pemilu 2019 lalu

Tak Lolos Verifikasi Administrasi, Prima Bakal Gugat ke BawasluIlustrasi Pemilu (IDN Times/Arief Rahmat)

Agus menyampaikan, hal semacam ini juga pernah dialami oleh beberapa partai politik lainnya dalam Pemilu 2019. Tapi, lanjut dia, pada akhirnya setelah melakukan serangkaian gugatan mereka dinyatakan memenuhi syarat dan lolos dalam tahapan verifikasi. 

“Partai Berkarya dan Partai Garuda juga pernah tidak lolos verifikasi administrasi dalam tahapan Pemilu 2019 lalu. Setelah ada gugatan ke Bawaslu, mereka memenuhi syarat,” tutur dia.

Baca Juga: Survei: Mayoritas Publik Tak Setuju Pemilu Ditunda, Siap Pemilu 2024 

3. Kader Prima diimbau tenang dan optimis menangkan Pemilu 2024

Tak Lolos Verifikasi Administrasi, Prima Bakal Gugat ke BawasluIlustrasi pemungutan suara. (IDN Times/Istimewa)

Agus juga mengimbau kepada struktur Prima di tingkatan pusat hingga kecamatan, anggota maupun simpatisan, untuk tetap tenang dan meyakini bahwa Prima akan lolos menjadi peserta dan memenangkan Pemilu 2024. 

“Sambil menunggu proses hukum yang akan dilakukan oleh DPP, kami juga mengimbau agar struktur PRIMA dan anggota tetap mempersiapkan diri untuk menghadapi verifikasi faktual,” imbuh dia.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya