Tanggapi Capres yang Akan Diusung PDIP, Begini Kata Ganjar

Ganjar serahkan kepada keputusan partai dan Megawati

Bogor, IDN Times - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menegaskan, terkait siapa calon presiden (capres) yang diusung oleh PDI Perjuangan (PDIP) menjadi kewenangan Megawati Soekarnoputri.

"Ya itu urusan PDI Perjuangan, nanti urusannya dengan Bu Mega," kata Ganjar menjawab singkat saat ditemui di sela-sela Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) dan Forkopimda tahun 2023, Sentul International Convention Center, Kabupaten Bogor, Selasa (17/1/2023).

Baca Juga: Duet Ganjar-Erick Dinilai Bakal Pikat Generasi Muda

1. Ganjar tak masalahkan analisa pengamat soal capres PDIP

Tanggapi Capres yang Akan Diusung PDIP, Begini Kata GanjarGubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo di Sekolah Partai DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wasesa)

Kemudian ketika ditanya terkait analisa para pengamat politik yang menilai sinyal dukungan capres dari PDIP mengarah ke dirinya, Ganjar menegaskan siapapun berhak memberikan pendapat.

"Ya siapa aja boleh menilai," tutur Ganjar.

Baca Juga: Najwa Shihab, Ganjar, Anies Direkomendasikan Jadi Capres Partai Buruh

2. Ganjar pastikan stabilitas politik di Jawa Tengah cukup baik

Tanggapi Capres yang Akan Diusung PDIP, Begini Kata GanjarPolitikus PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Ditemui di lokasi yang sama, Ganjar juga memastikan stabilitas politik di Jawa Tengah jelang Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2024 sejauh ini stabil.

"Alhamdulillah sih bagus ya so far, bagus," kata dia.

Baca Juga: Jokowi Kesal Nama IMB Berubah: Yang Penting Bukan Nama, Cepat Selesai!

3. Masyarakat harus belajar dari pengalaman politik 2019 lalu

Tanggapi Capres yang Akan Diusung PDIP, Begini Kata GanjarGubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo kompak mengenakan kemeja PGRI bersama Presiden Joko "Jokowi" Widodo pada peringatan Hari Guru 2022. (www.instagram.com/@ganjar_pranowo)

Ganjar menjelaskan, strategi atau cara menjaga stabilitas politik di Jawa Tengah ialah dengan menjalin komunikasi dengan berbagai pihak. Salah satunya, duduk berdiskusi sambil ngopi bersama.

"Butuh komunikasi, butuh sosialisasi terus menerus untuk menjaga relasi antarumat beragama dijaga, kemudian partai-partai saya kira perlu menjaga juga. Sering-sering ngobrol, sering-sering ngopi sehingga tidak baperan," ucap dia sambil tertawa.

Lebih lanjut Ganjar berharap Pemilu 2024 bisa berjalan lancar tanpa membuat gaduh seperti 2019 lalu. Oleh sebab itu, dia menekankan agar seluruh pihak bisa belajar dari pengalaman polarisasi yang terjadi akibat kontestasi politik.

"Sehingga menuju 2024 harapannya sesuai sudah siap. Kan kita sudah memainkan peran masing-masing peran berpolitik sudah lama pasca reformasi. Mestinya kita naik kelaslah, sudah dewasa," imbuh dia.

 

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya