Tidak Daftar Pemilu Bareng NasDem-PKS, AHY: Ini Rencana Sejak Awal

Partai Demokrat sejak awal berencana daftar 5 Agustus 2022

Jakarta, IDN Times - Partai Demokrat mendaftarkan diri sebagai partai politik (parpol) calon peserta Pemilu 2024 pada hari kelima dibukanya tahapan pendaftaran di Komisi Pemilihan Umum (KPU RI), Jumat (5/8/2022).

Pendaftaran dilakukan langsung oleh Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

1. Demokrat sejak awal berencana daftar pada 5 Agustus 2022

Tidak Daftar Pemilu Bareng NasDem-PKS, AHY: Ini Rencana Sejak AwalKetua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mendatangi kantor IDN Media HQ pada Kamis (17/6/2021). (IDN Times/Reynaldy Wiranata)

Dalam kesempatan itu, AHY mengungkapkan alasannya tidak mendaftarkan diri bareng PKS dan NasDem pada Senin (1/8/2022) lalu.

"Kami memang sejak awal sudah merencanakan 5 Agustus ini," ungkap AHY kepada awak media di KPU RI, Jumat.

AHY beralasan, dalam pendaftaran hari ini, Demokrat juga ingin menghadirkan ketua dewan pimpinan daerah (DPD) di 34 provinsi. Mereka banyak yang menjabat sebagai kepala daerah, yakni gubernur, wali kota, maupun bupati, serta anggota dewan.

Oleh sebab itu, kata AHY, Partai Demokrat tidak ingin mengganggu jam kerja mereka yang sudah meluangkan waktu.

"Sehingga waktu yang tepat hari ini, sehingga tidak terlalu mengganggu waktu kerja," ucap dia.

Baca Juga: Anggaran Masih Mandek, Eks Ketua KPU: Jangan Buat KPU Mengemis!

2. Hari Jumat sebagai hari penuh berkah

Tidak Daftar Pemilu Bareng NasDem-PKS, AHY: Ini Rencana Sejak AwalKantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Jakarta Pusat (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Lebih lanjut, AHY mengungkapkan alasan Demokrat mendaftar pada Jumat (5/8/2022). Menurut dia, pendaftaran dilakukan pada hari ini sesuai kepercayaan bahwa kegiatan yang dilakukan pada Jumat membawa keberkahan tersendiri.

"Kami merasa Jumat ini yang paling pas insyaallah hari yang penuh barakah. Dan juga pas dengan kebersamaan dengan para Ketua DPD seluruh Indonesia. Dan kebetulan juga hari ini setelah acara di KPU, kami akan melakukan acara Partai Demokrat di Ciawi," ujar AHY.

Baca Juga: Rencana Matang, AHY Buka Makna Kenapa Pendaftaran Demokrat Hari Jumat 

3. Demokrat terus berkomunikasi dengan PKS dan NasDem

Tidak Daftar Pemilu Bareng NasDem-PKS, AHY: Ini Rencana Sejak AwalKetua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mendatangi kantor IDN Media HQ pada Kamis (17/6/2021). (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Di samping itu, AHY mengakui, PKS dan NasDem merupakan partai politik yang sejauh ini telah terjalin komunikasi intens dengan Demokrat, dan sangat terbuka peluang koalisinya. Ketiga partai tinggal menunggu waktu untuk mengumumkan koalisi.

"Nanti ya, tunggu (kemungkinan koalisi)," ujar AHY.

Sebagaimana diketahui, sejumlah partai politik yang akan berkoalisi menghadapi Pemilu 2024 menjadwalkan bakal daftarkan diri bersama-sama, seperti Gerindra dan PKB pada Senin, 8 Agustus 2022 dan PAN-PPP-Golkar pada Rabu, 10 Agustus 2022.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya