Tokoh Besar Hiasi Rakernas PDIP: Sukarno hingga Che Guevara

Sejumlah potret tokoh nasional dan dunia dipajang di ruangan

Jakarta, IDN Times - Sejumlah tokoh nasional maupun dunia tampak menghiasi sejumlah ruangan yang digunakan untuk menggelar rapat kerja nasional (rakernas) PDIP di Sekolah Partai DPP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan.

Berdasarkan pantauan IDN Times saat diberi kesempatan untuk masuk ke ruang rakernas, ada beberapa tokoh besar yang namanya tidak asing di telinga masyarakat Indonesia maupun internasional.

Baca Juga: Makin Mengerucut, Rakernas PDIP Mulai Bahas Strategi Politik 2024

1. Potret Che Guevara hiasi Sekolah Partai PDIP

Tokoh Besar Hiasi Rakernas PDIP: Sukarno hingga Che GuevaraSejumlah lukisan dan foto tokoh-tokoh di Sekolah Partai DPP PDIP. (IDN Times/Yosafat Diva)

Tokoh dunia yang satu-satunya tampak dipajang di sekitar ruangan ialah tokoh revolusioner Kuba, Ernesto Che Guevara. Dia dikenal sebagai tokoh revolusi sekeligus dokter, penulis, pemimpin gerilyawan, diplomat, dan pakar teori militer asal Argentina.

Sebagai salah satu tokoh utama dalam Revolusi Kuba, wajahnya telah menjadi simbol perlawanan dalam gerakan kontra-kebudayaan dan dalam budaya populer.

Guevara juga merupakan seorang penulis. Ia menyusun sebuah buku panduan tentang perang gerilya dan juga sebuah memoar tentang perjalanan masa mudanya dengan menggunakan sepeda motor.

Baca Juga: PDIP Pastikan Bakal Umumkan Capres dan Cawapres di Rakernas

2. Beberapa tokoh nasional juga dipajang

Tokoh Besar Hiasi Rakernas PDIP: Sukarno hingga Che GuevaraSejumlah lukisan dan foto tokoh-tokoh di Sekolah Partai DPP PDIP. (IDN Times/Yosafat Diva)

Kemudian ada pula foto tokoh nasional yang dipajang di sisi samping ruangan, mantan Kapolri Hoegeng Iman Santoso.

Sementara itu di sisi belakang terpampang besar lukisan yang memperlihatkan Sukarno bersama beberapa pahlawan di antaranya, I Gusti Ngurah Rai, Albertus Soegijapranata, HOS Tjokroaminoto, Hasyim Asy'ari, Ahmad Dahlan, dan Amir Hamzah. 

Ada pula beberapa foto dan lukisan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dalam beberapa momen. Salah satunya ketika menerima penghargaan dan gelar doktor.

3. Rakernas PDIP digelar hingga 23 Juni

Tokoh Besar Hiasi Rakernas PDIP: Sukarno hingga Che GuevaraSuasana rakernas PDIP di Sekolah Partai DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan. (IDN Times/Yosafat Diva)

Sebagaimana diketahui, sejumlah nama calon presiden (capres) akan menjadi salah satu agenda krusial yang dibahas dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang digelar pada 21 hingga 23 Juni.

Rakernas PDIP II 2021 ini merupakan amanat dalam Kongres V Partai yang digelar pada tanggal 8-11 Agustus 2019. Rakernas diselenggarakan dengan mengusung tema Desa Kuat, Indonesia Maju dan Berdaulat dengan sub tema Desa Taman Sari Kemajuan Nusantara.

Baca Juga: Megawati: Kader Main Dua-Tiga Kaki, Keluar dari PDIP! 

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya