Wapres Pastikan Ada Reshuffle Kabinet, Ini Bocoran Jabatannya

Ma'ruf imbau menunggu keputusan Jokowi

Jakarta, IDN Times - Wakil Presiden (wapres) RI Ma'ruf Amin memastikan dalam waktu dekat akan ada reshuffle atau perombakan kabinet. Dia menjelaskan, reshuffle tersebut dilakukan untuk mengisi dua jabatan di kabinet yang saat ini masih kosong.

Meski demikian, Ma'ruf enggan memastikan apakah reshuffle kali ini akan terjadi pula pada posisi-posisi lain yang saat ini telah dijabat.

Baca Juga: Greenpeace Sayangkan Jokowi Tak Singgung Krisis Iklim di Pidato HUT RI

1. Mengisi jabatan Menteri PANRB dan Wamenlu

Wapres Pastikan Ada Reshuffle Kabinet, Ini Bocoran JabatannyaANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Ma'ruf mengatakan dua jabatan yang dibutuhkan di kabinet saat ini ialah Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) dan Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu).

"Reshuffle itu yang pasti 'kan ada dua yang lowong. Satu Menteri PANRB, itu belum diisi. Kedua, Wakil Menteri Luar Negeri, dia terpilih menjadi Ketua OJK. Itu yang pasti diisi," kata dia, usai menghadiri Haul Ulama Indonesia Ke-23 Tahun Almarhum Habib Umar bin Hood Alatas di Depok, Jawa Barat, Sabtu (20/8/2022).

Baca Juga: Alasan Jokowi Enggan Reshuffle Menteri yang Sibuk Tebar Pesona

2. Ma'ruf minta masyarakat bersabar menunggu keputusan presiden

Wapres Pastikan Ada Reshuffle Kabinet, Ini Bocoran Jabatannya

Terkait perombakan posisi lain di kabinet, Ma'ruf meminta kepada semua pihak untuk menunggu keputusan Presiden Joko "Jokowi" Widodo.

"Kalau yang lain, saya kira tunggu saja. Kita lihat saja nanti," tutur dia.

Baca Juga: Gelar Musra di Seluruh Provinsi, Relawan: Bukan Perintah Jokowi

3. Kursi MenPAN-RB kosong sepeninggal Tjahjo Kumolo

Wapres Pastikan Ada Reshuffle Kabinet, Ini Bocoran Jabatannyatjahjokumolo.com

Sebagaimana diketahui, sampai sekarang Jokowi belum mengumumkan nama yang akan menjabat sebagai Menteri PANRB setelah Tjahjo Kumolo wafat.

Kemudian, sejak 16 Juli 2022 jabatan Menteri PANRB masih dirangkap oleh Menteri Koordinator Bidang Polhukam Mahfud MD selaku pejabat yang ditunjuk Jokowi sebagai Pelaksana Tugas Menteri PANRB.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya