Warga Padati Prosesi Kirab Bendera Pusaka dari Monas ke Istana Merdeka

Bendera dibawa personel purna Paskibraka

Jakarta, IDN Times - Masyarakat tampak memadati prosesi Kirab Bendera Pusaka dari Monumen Nasional (Monas) menuju halaman Istana Merdeka. Sesuai jadwal, prosesi tersebut mulai digelar sekitar pukul 08.00 WIB dari dalam Monas.

Pantauan IDN Times di lokasi, bendera itu dibawa personel purna Paskibraka dan Duta Pancasila, yang keluar melalui Pintu Gerbang Silang Monas Barat Laut pukul 08.45 WIB.

Sontak aksi kirab bendera yang diiringi marching band itu menjadi sorotan masyarakat, yang menonton jalannya upacara kemerdekaan dari layar besar di dekat Monas.

Kendati demikian, prosesi itu mendapat pengawalan ketat puluhan aparat kepolisian dan TNI yang bertugas. Masyakarat yang menonton dan mengabadikan dengan gawai hanya diperkenankan melihat dari jarak jauh.

Selain itu tampak pula bendera pusaka diarak dengan kirab khusus kebudayaan Nusantara, yang semuanya mengenakan pakaian adat mulai dari Sumatra, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Bali, Papua, dan daerah lainnya.

Dalam prosesi itu, tidak hanya duplikat Bendera Merah Putih yang dibawa dari Monas, ada pula teks naskah Proklamasi. Dari layar terlihat, teks Proklamasi diserahkan oleh Kepala Sekretariat Kepresidenan, Budi Heru Hartono.

Adapun personel purna Paskibraka yang membawa bendera duplikat adalah Kiara Maharani Putri dari SMA 1 Garut Jawa Barat dan Irene Odelia Astono dari SMA Santo Ignatius Singkawang, Kalimantan Barat. Keduanya menumpang kereta kencana Ki Jagarasa. Sementara, di depan kereta kencana terlihat rombongan yang mengenakan pakaian adat Nusantara.

Baca Juga: Duplikat Bendera Merah Putih Dibawa Pakai Kereta Kencana ke Istana 

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya