Warung dan Perumahan di Penjaringan Jakarta Utara Kebakaran

Wilayah Penjaringan Jakut langganan kebakaran

Jakarta, IDN Times - Kebakaran melanda sebuah warung di Kelurahan Pejagalan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara pada Selasa (23/5/2023) malam. Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta melaporkan warung itu berada di Jalan Moa RT 005 RW 013.

Pihak Gulkarmat melaporkan pemadaman api berlangsung dalam waktu kurang dari sejam.

"Pemadaman dinyatakan selesai beroperasi pukul 00.31 WIB," tulis Dinas Gulkarmat DKI dalam akun Instagramnya, dilansir, Selasa (24/3/2024).

Baca Juga: Kisah Heroik Damkar di Tanah Air, Kala Kesejahteraan Tak Sebesar Nyali

1. Proses pemadaman api

Warung dan Perumahan di Penjaringan Jakarta Utara KebakaranIlustrasi petugas pemadam kebakaran (dok. Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta)

Pihak Gulkarmat Jakarta Utara menerima informasi kebakaran dari warga sekitar pukul 23.38 WIB. Petugas damkar segera menuju TKP untuk melakukan pemadaman yang mulai beroperasi pukul 23.48 WIB.

Proses pemadaman dilakukan dengan menerjunkan 11 unit Gulkarmat wilayah gabungan, yang terdiri dari delapan unit Jakarta Utara dan 3 unit Jakarta Barat. Total sebanyak 55 personel diterjunkan untuk melokalisasi api.

"Kemudian pukul 23.57 sudah dilakukan proses pendinginan," tulis laporan itu. 

Tidak ada laporan mengenai korban jiwa maupun luka. Sementara, kerugian akibat kebakaran itu pun belum dapat diperkirakan. Hingga tulisan ini dimuat, belum diketahui pasti penyebab kebakaran yang melanda sebuah warung di Penjaringan tersebut.

Baca Juga: 9 Tugas Lain Damkar Menurut Warganet, Gak Cuma Padamkan Kebakaran!

2. Perumahan di Pluit juga dilanda kebakaran di hari yang sama

Warung dan Perumahan di Penjaringan Jakarta Utara KebakaranKebakaran di sebuah gudang di Penjaringan, Jakarta Utara, Sabtu (4/9/2021). (Instagram.com/@humasjakfire)

Di hari yang sama, kebakaran juga melanda perumahan warga di Jalan Pluit Raya Nomor 2 RT 021 RW 008, Penjaringan, dekat Aston Pluit, Jakarta Utara. Sudin Gulkarmat Jakarta Utara melalui akun Instagram menyebut menerima berita pada Selasa (23/5/2023) sekitar pukul 21.50 WIB.

Sebanyak 25 personel dikerahkan beserta 6 unit pemadam dikerahkan ke lokasi. Proses pemadaman mulai beroperasi pukul 22.02 WIB. 

Baca Juga: Kisah Dewi Utami, Petugas Damkar Perempuan Satu-satunya di NTB

3. Wilayah Penjaringan langganan kebakaran

Warung dan Perumahan di Penjaringan Jakarta Utara KebakaranIlustrasi unsur api. (pixabay.com/chitradeep)

Wilayah Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara langganan mengalami kebakaran dari tahun ke tahun. Kebakaran warung itu merupakan kejadian ketiga di bulan ini.

Sebelumnya, kebakaran terjadi di pemukiman padat penduduk TPS Muara Baru Blok A Rt.016/017 Kelurahan Penjaringan, Kecamatan Penjaringan pada Sabtu 20 Mei 2023, pukul 09.30 WIB. Kebakaran itu diduga akibat konsleting listrik.

Pada 8 Mei, kebakaran melanda sebuah gudang cat di kompleks pertokoan di Kelurahan Penjagalan, Penjaringan

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya